Delapan Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk

Torie Natalova    •    Selasa, 17 Jul 2018 17:53 WIB
diet
Delapan Makanan dengan Kandungan Vitamin C Tinggi Selain Jeruk
(Foto: Wetmarket)

Jakarta: Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan sistem imunitas sehingga Anda tidak mudah sakit. Namun, kebanyakan orang hanya mengetahui jeruk dan suplemen kemasan sebagai satu-satunya sumber vitamin C. 

Selain jeruk, pepaya juga merupakan sumber vitamin C terbaik dengan kandungan sebesar 95 mg. Pepaya juga mengandung enzim papain dan chymopapin yang mampu mengurangi 
peradangan.

Seperti pepaya dan jeruk, buah mangga juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Mangga mengandung 122 mg vitamin C. 

Jika Anda menginginkan varian lain yang lebih beragam, berikut sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi sehari-hari. 

1. Stroberi

Buah berwarna merah dengan rasa asam ini mengandung 85 mg vitamin C per cangkirnya. Kandungan buah stroberi ini dapat membantu menjaga gula darah tetap stabil.

2. Kiwi

Meski berukuran kecil, buah kiwi mengandung 128 mg vitamin C. Kiwi juga dapat membantu Anda tidur lebih cepat dan meningkatkan kualitas tidur. Ini mungkin karena kiwi dapat meningkatkan kadar serotonin, hormon yang berperan untuk membuat Anda mengantuk.

3. Jambu

Satu buah jambu mengandung lebih dari 200 persen asupan harian vitamin C yang direkomendasikan.

4. Paprika

Semua jenis paprika mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Paprika juga rendah kalori.

5. Bayam Jepang

Secangkir bayam jepang atau horenzo menyediakan 195 mg bitamin C, atau lebih dari empat kali jumlah asupan harian vitamin C yang direkomendasikan. 

6. Brokoli

Brokoli kaya vitamin C dan juga K yang penting untuk kesehatan tulang dan penyembuhan luka.

7. Jus tomat

Secangkir jus tomat mengandung 170 mg vitamin C, 21 persen vitamin A dan 15 persen potasium, dan hanya mengandung 40 kalori. 

8. Kale

Selain tinggi vitamin C, sayuran berdaun hijau ini juga sumber vitamin B6 dan A yang dapat menjaga kesehatan retina serta mendukung perkembangan gigi dan tulang yang normal.





(DEV)