Ini Alasan Kenapa Ayam Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak

Nia Deviyana    •    Selasa, 17 Jul 2018 11:43 WIB
tips memasak
Ini Alasan Kenapa Ayam Tak Perlu Dicuci Sebelum Dimasak
(Foto: via Shared)

Jakarta: Mencuci ayam sebelum dimasak umumnya menjadi kebiasaan untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang mungkin ada pada ayam. Namun, para profesional di bidang kesehatan menyarankan hal sebaliknya. 

Dilansir dari Reader's Digest, mencuci ayam dapat meningkatkan penyebaran bakteri dan risiko kontaminasi silang yang membuat makanan Anda beracun. 

Kebanyakan orang berpikir mencuci ayam bisa membuat bakteri seperti salmonella atau campylobacter hilang. Faktanya, masalahnya bisa semakin memburuk. 

Menurut UK National Health Service, mencuci ayam bisa membuat bakteri-bakteri tersebut menyebar di sekitar wastafel, meja, bahkan pakaian Anda. Jadi, satu-satunya cara tepat untuk menghilangkan bakteri adalah dengan memasaknya pada suhu yang tepat. Aturan ini berlaku juga untuk daging dan ikan. 

Namun, jika Anda bersikukuh untuk melanjutkan kebiasaan mencuci ayam pun tidak masalah asalkan Anda mencuci tangan, membersihkan wastafel, dan mencuci semua peralatan yang terciprat saat Anda mencuci ayam. Hal ini penting untuk mencegah kontaminasi silang.

Lihat video:




(DEV)