Siasat Tepat Ketika Penat

Pelangi Karismakristi    •    Jumat, 22 Dec 2017 18:39 WIB
tips bugar
Siasat Tepat Ketika Penat
Penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal yang merupakan lebih dari sekedar buku harian membuat Anda lebih sehat dan bahagia. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Beragam aktivitas membuat tubuh menjadi lelah dan tak jarang memicu stres. Tubuh dan pikiran juga butuh istirahat, sebab ini akan berpengaruh pada kesehatan fisik dan mental.

Sehingga tak ada salahnya untuk sejenak merawat diri agar tetap bugar dan pikiran segar dengan cara seperti di bawah ini.

1. Bepergian ke luar rumah
Menikmati secangkir kopi sambil sedikit udara segar dan sinar matahari di luar membuat Anda merasa lebih baik dan kembali berenergi. Bahkan peneliti menemukan bahwa seseorang butuh hanya lima menit untuk menikmati 'suasana ruangan hijau terbuka' seperti berjalan atau berkebun untuk menaikkan mood.

2. Tetapkan waktu tidur
Mendapatkan tidur berkualitas adalah salah satu cara termudah merawat diri. Cobalah menjadwalkan waktu tidur yang pasti, sehingga Anda akan merasa lebih baik. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan antara tujuh sampai sembilan jam tidur. 


(Penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal yang merupakan lebih dari sekedar buku harian membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Hindari Stres, Perempuan Mesti Punya Me Time)

3. Melakukan yoga
Meskipun Anda mungkin tidak dapat melakukan kelas yoga selama satu jam per harinya, cobalah meluangkan waktu paling tidak beberapa menit untuk melakukan sejumlah gerakan olahraga satu ini. Yoga dapat membantu memperbaiki fungsi otak dan mengurangi stres, selain itu juga bisa memperkuat tulang juga membakar kalori.

4. Bersantai dengan aromaterapi
Minyak atsiri (minyak esensial) memiliki banyak kegunaan salah satunya sebagai aromaterapi. Aroma seperti cendana dapat meningkatkan relaksasi dan mood, sementara wewangian mawar bisa membantu Anda cepat tidur.

5. Menulis jurnal
Penelitian menunjukkan bahwa membuat jurnal yang merupakan lebih dari sekedar buku harian membuat Anda lebih sehat dan bahagia. Jurnal dipercaya membuat kreativitas dan kecerdasan emosional meningkat.

Bahkan menulis ini bisa menciptakan ruang pribadi yang sangat dibutuhkan bagi Anda yang butuh refreshing. Menyempatkan waktu menulis jurnal tiap hari, entah itu untuk menuangkan perasaan atau menulis daftar tugas adalah cara mudah untuk tetap selaras dengan diri sendiri.










(TIN)