Si Kecil Suka Pilih-pilih Makanan? Bisa Jadi karena Genetik

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 20 Dec 2017 18:11 WIB
kesehatan anak
Si Kecil Suka Pilih-pilih Makanan? Bisa Jadi karena Genetik
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Apakah anak Anda suka pilih-pilih makanan? Bisa jadi itu karena genetik. Para peneliti dari University of Illinois di Amerika Serikat melakukan sebuah studi untuk melihat apakah gen berpengaruh dalam kecenderungan si kecil yang rewel saat makan.

Dengan mengumpulkan penampilan fisik dari 153 anak prasekolah dan membandingkannya dengan jawaban survei dari orang tua masing-masing, para peneliti dapat melihat apakah ada benang merah antara alamiah dan pengasuhan terkait kebiasaan makan tersebut.

Studi tersebut menyimpulkan bahwa, dari berbagai faktor yang membuat anak sulit makan, genetik juga turut berperan.

"Memilih makanan biasa terjadi pada masa prasekolah dan dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau sebaliknya," demikian menurut para peneliti.

Gen yang berhubungan dengan persepsi kemosensor bisa jadi memengaruhi perilaku tersebut.

Selain genetik, ada beberapa alasan mengapa anak menjadi pemilih makanan.

Dr Sarah Schenker, seorang ahli gizi khusus anak, menggambarkan bagaimana beberapa anak bertingkah menyebalkan saat makan untuk menegaskan diri mereka sendiri.

"Biasanya, anak-anak menjadi rewel dengan makanan sebagai cara untuk mengambil kembali sedikit kendali dan mengerahkan diri dan kehendak mereka melawan orang tua yang mengendalikan segalanya," kata Schenker kepada The Independent.

"Kebanyakan anak tumbuh dari tahap makan rewel dan tidak ada konsekuensinya terhadap kesehatan," lanjutnya.

"Tapi jika waktu makan menjadi pertempuran yang tidak menyenangkan, maka hal tersebut bisa berdampak pada perilaku makan di masa depan di mana diet tidak seimbang dan kekurangan gizi."




(DEV)