Tips Hindari Makan Membabi Buta

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 08 Dec 2017 08:14 WIB
diet
Tips Hindari Makan Membabi Buta
(Ketika Anda mengasup makanan sehat, maka akan lebih mudah membedakan lapar emosional dan fisik. Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Meskipun perut tak terlalu lapar dam sudah banyak makan, namun terkadang secara emosional tangan terus memasukkan makanan ke mulut. Hal inilah yang dapat membuat berat badan bertambah secara perlahan.

Bagi Anda yang sudah tak bisa menahan keinginan psikologis tersebut, berikut adalah beberapa tips untuk membuat asupan makan tetap terkontrol.

1. Hindari minum kopi
Minuman yang mengandung kafein justru menekan respons makan lebih besar. Oleh karena itu, lebih baik ganti pilihan Anda dengan teh hijau yang mengandung thiamin asam amino yang membuat tubuh rileks dan mencegah keinginan untuk makan.

2. Menikmati setiap gigitan
Menikmati rasa jauh lebih penting daripada menelan dalam jumlah banyak. Dengan cara demikian, makan Anda akan merasa kenyang dan mencegah untuk mengambil gigitan yang tak perlu.


(Ketika Anda mengasup makanan sehat, maka akan lebih mudah membedakan lapar emosional dan fisik. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: Salah Strategi dalam Rencana Diet)

3. Mencoba mengerti alasan lapar
Lapar secara emosional muncul dengan cepat sementara lapar fisik datang dengan lambat. Perhatikan rasa lapar yang Anda alami dengan melihat berapa lama bertahan perasaan tersebut.

4. Makan dengan baik
Keseimbangan antara asupan karbohidrat, protein, dan lemak sehat adalah penting. Ketika Anda mengasup makanan sehat, maka akan lebih mudah membedakan lapar emosional dan fisik. Selain itu, tarik napas dengan dalam sebelum mulai makan.

5. Tulis pikiran negatif dan buang
Terkadang, membuang pikiran negatif yang ditulis dapat meningkatkan suasana hati, demikian menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science. Mungkin Anda bisa mempraktikkannya jika kelaparan di malam hari. 









(TIN)