Tak Selalu Buruk, Ini Dua Efek Positif dari Stres

Sri Yanti Nainggolan    •    Selasa, 07 Nov 2017 18:49 WIB
kesehatan
Tak Selalu Buruk, Ini Dua Efek Positif dari Stres
(Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai penelitian menunjukkan bahwa stres menjadi salah satu memicu berbagai penyakit. Namun, seorang psikolog kesehatan Kelly McGonigal berhasil menemukan dua manfaat dari tekanan pada otak tersebut.

Pertama, stres dan rasa cemas menjadi tanda bahwa hidup Anda bermakna. Secara umum, stres muncul ketika Anda terikat dengan suatu hal yang penting buat Anda, misalnya mencari pekerjaan impian atau mengurus anak.

Kedua, menyadari adanya manfaat dari stres dapat membantu mengatasi gangguan tersebut.

"Terlalu sering, pada momen kita merasa stres, kita melihatnya sebagai sinyal bahwa kita tak cukup atau hidup kita beracun. Namun bagaimana Anda berpikir tentang stres berperan penting dalam bagaimana hal itu memengaruhi kesejahteraan Anda."

Misalnya, katakanlah Anda termasuk orang yang memandang stres sebagai sesuatu yang negatif dan berusaha menghindarinya sebisa mungkin. Ketika Anda mengalami momen stres, seperti wawancara kerja, tubuh akan mengeluarkan hormon stres kortisol yang lebih tinggi. Akibatnya, muncul efek kerusakan pada sistem imun dan kesehatan secara umum.

Namun, bila Anda berusaha mengerti tujuan wawancara, maka hal itu berpotensi menunjukkan manfaat stres dimana hal tersebut akan memberikan respons psikologi yang lebih sehat dan Anda menemukan makna perjuangan dari apa yang Anda lakukan.

McGonigal tak bermaksud membuat orang berhenti menurunkan tingkat stres, namun membujuk untuk berhenti melawan gangguan tersebut.

Ia menegaskan, "Stres bukanlah sinya bahwa ada yang salah dalam hidup Anda. Itu artinya Anda berinvestasi pada apa yang Anda lakukan."

Ketika dalam keadaan tertekan, daripada menenangkan diri, cobalah menyakinkan diri bahwa Anda sedang mempertaruhkan sesuatu yang berharga bagi Anda.




(DEV)