Tips Mencuci Baju Renang yang Benar

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 03 Dec 2017 17:19 WIB
tips & trik
Tips Mencuci Baju Renang yang Benar
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Pakaian renang, meskipun tak setiap saat digunakan, bukan berarti perawatannya juga disepelekan. Agar tahan lama dan nyaman dipakai, lakukan perawatan berikut ini.

1. Selalu cuci setelah dipakai, meskipun tidak basah

"Tabir surya memiliki kandungan yang dapat merusak bahan pakaian renang," ujar Marysia Reeves, desainer Marysia Swim.

Losion yang berbasis mineral dan formula minyak dapat membuat pakaian kekuningan atau kaku jika tak dicuci. Klorin yang tercampur dalam air kolam juga dapat membuat bahan menjadi lebih kasar, dibanding Anda berenang di laut. Hal ini dapat membuat warna pakaian renang memudar.

2. Hindari mencuci di mesin cuci atau dengan detergen dingin

Untuk hasil terbaik, cucilah pakaian renang menggunakan tangan dengan detergen yang khusus untuk bahan spandek supaya melindungi warna bahan dan menghilangkan minyak dan kimia tanpa merusak bahan.

Menurut Lindsey J. Boyd selaku pemilik perusahaan detergen alami The Laundress, mencampurkan cuka putih saat pencucian dapat membantu menghilangkan bakteri dalam pakaian.

3. Cara mencuci

Benamkanlah pakaian renang dalam air dingin yang dicampur dengan satu tutup botol detergen tingan atau cuka putih. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan bersih. Untuk mengeringkan, gulung pakaian renang dalam handuk kering dan tekan secara perlahan untuk menghilangkan air berlebih. Kemudian, keringkan dengan cara meletakkannya sejajar.





(DEV)