Dokter: Sayuran Hijau Tidak Mengandung Asam Urat Tinggi

Farhan Dwitama    •    Sabtu, 18 Nov 2017 18:45 WIB
asam urat
Dokter: Sayuran Hijau Tidak Mengandung Asam Urat Tinggi
Sayuran Hijau Tidak Mengandung Asam Urat Tinggi (Foto: gettyimages)

Tangerang: Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung baik dikonsumsi penderita asam urat. Mistos yang berkembang di masyarakat bahwa asam urat disebabkan oleh konsumsi sayuran hijau adalah hoax.

“Itu tidak benar, sayuran hijau tidak mengandung asam urat yang tinggi. Jelas informasi itu Hoax,” bilang dokter internis konsultan Reumatologi, Siloam Hospital Lippo Village, Sandra Sinthya Langow, Sabtu 18 November 2017 di RS Siloam, Karawaci, Tangerang.

Namun justru sebaliknya, terang Sandra, sayuran hijau merupakan makanan yang dianjurkan pada pasien dengan gout artiritis.

Diterangkan dia, penyakit gout adalah peradangan pada sendi akibat asam urat. Penyakit ini adalah penyakit rematik tertua, yang sudah dikenal sejak tahun 2.640 sebelum masehi.

Namun demikian, lanjut Sandra, berdasarkan penelitian ilmiah di Amerika yang telah dipublikasikan pada American College of Rheumatology menyebutkan, penderita gout 8,3 juta orang dan hanya sekitar 10 persen yang mendapatkan pengobatan yang benar.  

Dia menyarankan pada penderita gout (asam urat), jika sedang merasakan nyeri sendi akut, untuk mengistirahatkan dahulu sendi yang terkena.

“Biasanya di persendian, seperti ibu jari kaki, siku, pergelangan tangan. Sebaiknya diistirahatkan dulu selama paling tidak 24 jam,” ucapnya.

Selain mengistirahatkan sendi, lanjut dia, pasien juga bisa mengangkat sendi yang sakit dang menggunakan cold pack atau kompres dengan es batu.

“Kompres es batu, atau air dingin, bukan yang hangat,” terangnya.

Dia menyarankan penyintas juga tak sembarang meminum obatan, dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan selanjutnya.

“Jangan minum aspirin dan obat penurun asam urat saat kondisi nyeri akut. Segera berkonsultasi dengan dokter,” cetusnya.

 
(ELG)