6 Makanan yang Rentan Mengandung Racun

Torie Natalova    •    Senin, 19 Sep 2016 14:07 WIB
kesehatan
6 Makanan yang Rentan Mengandung Racun
(Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sayuran dan buah-buahan merupakan makanan yang sangat menyehatkan.
Namun, Anda harus tetap waspada karena terkadang buah-buahan dan sayuran bisa berubah menjadi makanan beracun.

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Misalnya, saat menyimpan kentang dalam waktu yang lama, tumbuh kecambah kecil di badan kentang tersebut. Kebanyakan orang akan memotong kecambah tersebut dan tetap menggunakan bagian kentang yang tersisa.

Padahal, kondisi tersebut tidak sehat dan berpotensi mengandung racun.

Di bawah ini adalah beberapa jenis makanan yang berpotensi mengandung racun.

1. Singkong

Jika tidak direndam, kering atau dimasak tidak tepat, singkong bisa mengganggu kesehatan Anda secara drastis. Pasalnya, singkong mengandung sianida.

2. Almond

Beberapa kacang almond terkadang terasa pahit. Pahit tersebut merupakan pertanda adanya racun dalam almond yang kemungkinan besar mengandung sianida. Bahkan, beberapa penelitian mengklaim bahwa makan almond pahit bisa mengakibatkan kematian.

3. Tomat

Hindari konsumsi batang dan daun tomat karena mengandung racun glycoalkaloid. Jika ingin makan tomat, potong batang dan daunnya terlebih dulu.

4. Kacang lima

Kacang lima atau kacang kratok yang berbiji besar mengandung sianida. Hindari makan kacang jenis ini tanpa dimasak terlebih dulu.

5. Jamur

Tidak semua jamur sehat. Beberapa jenis jamur mengandung racun. Lebih baik konsultasikan kepada ahli gizi jika ingin menyantap jenis jamur yang tidak biasa dimakan sebelumnya.

6. Kentang

Jika kentang berubah warna menjadi hijau, ini pertanda kentang telah mengandung racun yang dikenal dengan nama glycoalkaloid. Kentang mengembangkan racun tertentu di dalamnya untuk mengusir predator. Racun pada kentang bisa menyebabkan diare dan muntah-muntah.


(DEV)