Selain Wajah, 4 Bagian Tubuh Ini Bisa Mengendur

Torie Natalova    •    Selasa, 04 Oct 2016 12:36 WIB
kecantikan
Selain Wajah, 4 Bagian Tubuh Ini Bisa Mengendur
Banyak wanita hanya fokus pada penuaan kulit di bagian wajah saja. Padahal, bagian kulit lain juga bisa mengalami penuaan hingga mengendur. (Foto: Jinnie-femme)

Metrotvnews.com, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi kendur atau tidak kencang lagi. Karenanya, kulit wajah terutama wanita selalu mendapatkan perhatian khusus agar tidak mengendur dan terlihat tua.

Sayangnya, banyak wanita hanya fokus pada penuaan kulit di bagian wajah saja. Padahal, bagian kulit lain juga bisa mengalami penuaan hingga mengendur.

Lemak dalam tubuh bisa mengubah tekstur, warna, dan bentuk kulit Anda. Bagian tubuh mana sajakah yang mengalami penuaan seperti kulit wajah?

 
1. Leher

Gravitasi dapat melonggarkan dan memanjangkan pembungkus otot di sekitar leher yang disebut platisma. Selain itu, gravitasi juga membuat kulit longgar dan menggantung. Paparan sinar matahari merusak kolagen dan elastin kulit sehingga sulit untuk mendapatkan kulit leher yang kencang.





2. Tangan

Tanda kulit tangan yang menua adalah terlihat bintik-bintik hitam, kurus, dan terlihat bagian vena dan tendon yang menggembung.

Bintik hitam biasanya akibat terkena sinar matahari, sementara urat yang terlihat menonjol akibat adanya bagian kulit yang menghilang karena penuaan.

Tangan yang terlihat berkerut merupakan tanda produksi minyak alami pada kulit menurun.

(Baca juga: Kamila, Tak Mau Dianggap Hanya Utamakan Kecantikan)





3. Lutut
Selain wajah, kulit lutut juga bisa berkeriput dan kendur. Kondisi ini disebabkan oleh kolagen dan elastin kulit lutut rusak. Sinar matahari atau mungkin DNA bisa menjadi penyebab penuaan kulit lutut. Selain itu, masalah kulit di lutut juga bisa disebabkan dari genetika.





4. Dada
Penuaan di kulit bagian dada biasanya disebabkan oleh menghilangnya kolagen, sinar matahari, genetik, dan hilangnya elastin. Gulungan kolagen yang tidak teratur akan terlihat pada kulit lansia 60 tahunan. Jumlah kolagen yang berkurang dan banyaknya gulungan kolagen itu yang menyebabkan kulit dada terlihat berkerut dan melonggar.









(TIN)