Selain Kanker, Merokok Juga Sebabkan Gagal Jantung

Torie Natalova    •    Jumat, 30 Sep 2016 12:16 WIB
kesehatan paru-paru
Selain Kanker, Merokok Juga Sebabkan Gagal Jantung
Perokok aktif memiliki dinding jantung yang lebih tebal dan berkurangnya fungsi pompa pada jantung. (Foto: Ltkcdn)

Metrotvnews.com, Jakarta: Merokok bisa menyebabkan berbagai penyakit serius bahkan mematikan seperti kanker paru-paru. Sebuah penelitian di Amerika yang meneliti orang dewasa tanpa tanda-tanda jelas dari penyakit kardiovaskular menemukan bahwa, semakin banyak merokok, semakin besar kerusakan struktur jantung dan fungsinya.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa merokok bisa menyebabkan dinding jantung lebih tebal dan darah sulit memompa ke seluruh tubuh hingga bisa menyebabkan gagal jantung.

"Kami sudah tahu selama beberapa tahun bahwa merokok bisa menyebabkan serangan jantung, yang dapat mengakibatkan penurunan kemampuan jantung untuk memompa darah," kata Dr. Scott Solomon, dari Brigham and Women's Hospital and Harvard Medical School Boston.

Berdasarkan data penelitian, merokok sendiri dapat menyebabkan penebalan dinding jantung dan memburuknya fungsi jantung. Ini menyebabkan risiko yang lebih tinggi untuk gagal jantung, bahkan pada orang yang tidak memiliki serangan jantung.

Peneliti mengkaji data lebih dari 4.500 orang dewasa yang lebih tua dengan menggunakan gelombang ultrasound untuk melihat pergerakan otot jantung. Peserta rata-rata berusia sekitar 76 tahun. Sekitar 6 persen dari mereka adalah perokok. Setengahnya adalah mantan perokok dan sekitar 43 persen tidak pernah merokok.

(Baca juga: Teknologi Baru Menjaga Kesehatan Jantung)

Perokok saat ini rata-rata berusia sangat muda, dan cenderung mengalami kelebihan berat badan serta fungsi ginjal yang baik dibanding kelompok lain. Orang yang tidak pernah merokok kebanyakan adalah wanita, cenderung meminum alkohol dan memiliki kadar kolesterol yang sehat. 

Rata-rata mantan perokok telah merokok sejak usia mereka 18 tahun. Jika dibandingkan dengan faktor lainnya, perokok aktif memiliki dinding jantung yang lebih tebal dan berkurangnya fungsi pompa pada jantung, dibandingkan dengan mantan perokok dan bukan perokok. 

Studi ini memberikan bukti, baik pria dan wanita yang merokok bisa merusak otot jantung yang menyebabkan penebalan, kekakuan dan gangguan pengisian darah yang berakhir pada gagal jantung.

Anda termasuk perokok? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Selain itu, usahakan untuk olahraga teratur dan menjaga berat badan tetap stabil untuk mengurangi dampak buruk dari merokok. 

Anda juga sebaiknya menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol agar terhindar dari gagal jantung.




(TIN)