Waspada, Diabetes Sebabkan Infeksi pada Semua Sistem Tubuh

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 09 Nov 2016 09:00 WIB
kesehatan
Waspada, Diabetes Sebabkan Infeksi pada Semua Sistem Tubuh
Banyak dokter yang menyarankan agar penderita diabetes lebih menjaga kesehatan agar tak kena infeksi lebih cepat. (Foto: Eattobeatmyastheniagravis)

Metrotvnews.com, Jakarta: Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa jumlah penderita diabetes di dunia mencapai 422 juta orang. Artinya, 1 dari 11 orang menderita penyakit dengan kadar gula darah tinggi tersebut.

Ada berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari penyakit metabolik tersebut, termasuk infeksi yang bisa terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti bagian otak dan sumsum tulang, sistem pernapasan, serta bagian lain.

(Baca juga: Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Diabetes)

"Diabetes dapat mempermudah terjadinya infeksi karena sel imunitas lebih mudah terpapar kuman dibandingkan mereka yang tidak terkena," ujar ahli endokrin-metabolik-diabetes Dr. dr. Rr. Dyah Purnamasari Sulistianingsih, SpPD-KEMD dalam konferensi pers Jakarta Diabetes Meeting (JDM) 2016, Selasa (8/11/2016).

Ia menjelaskan, sel imun penderita diabetes lebih lambat dalam bergerak sehingga kemampuan tersebut mengganggu daya tahan tubuh secara tidak langsung karena tidak bisa menangkal kuman dalam waktu yang cepat sebelum menyebar.

"Oleh karena itu, banyak dokter yang menyarankan agar penderita lebih menjaga kesehatan agar tak kena infeksi lebih cepat," tambahnya.

Namun, bila menerapkan pola hidup sehat,  penderita diabetes tak perlu mencemaskan risiko tersebut karena menurutnya, penderita yang rentan terkena infeksi adalah penderita yang tak mengontrol diabetes dengan baik.

"Kalau dia bisa kontrol diabetes dan penyakit pengontrolnya seperti kolesterol tinggi atau obesitas, maka orang tersebut bisa hidup normal saja," tutupnya.





(TIN)