5 Penyebab Gusi Berdarah

Torie Natalova    •    Jumat, 25 Nov 2016 17:27 WIB
kesehatan gigi dan mulut
5 Penyebab Gusi Berdarah
5 Penyebab Gusi Berdarah (Foto: shutterstock)

Metrotvnews.com, Jakarta: Saat menggosok gigi dan berkumur, Anda mungkin pernah menemukan darah yang keluar dari mulut Anda. Dokter gigi Sally Cram mengingatkan, darah yang keluar dari gusi tidak bukanlah hal yang normal.

Memang, menyikat terlalu keras bisa memicu gusi berdarah, tapi ini bukanlah satu-satunya penyebab. Biasanya ini adalah akibat dari penyakit gusi yang berasal dari penumpukan bakteri dan plak pada gigi Anda.

Cek lima penyebab gusi berdarah berikut dan segera periksa ke dokter gigi Anda.

1. Salah menyikat gigi
Hanya membutuhkan waktu 24 jam untuk bakteri membuat peradangan yang bisa sebabkan gusi berdarah. Jika Anda tidak menggosok gigi dengan benar, kemungkinan gusi berdarah sangat besar. Cobalah gosok gigi secara perlahan dan membersihkan semua bakteri dengan benar.

2. Hormon bermasalah
Ketika kadar hormon berfluktuasi, misalnya saat pubertas, kehamilan, haid, atau menopause, Anda menjadi lebih sensitif terhadap plak yang dapat memicu pendarahan di gusi. Anda bisa menambah obat kumur selagi menunggu hormon normal kembali.

3. Stres, kurang tidur atau pola makan buruk
Anak-anak lebih sering mengalami gusi berdarah karena pola makan yang buruk, begadang dan stres dengan aktivitas belajarnya. Ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk melawan peradangan yang disebabkan oleh bakteri dalam mulut. Perbanyak asupan vitamin C dan D yang merupakan kunci menjaga kesehatan gusi dan tulang.

4. Obat-obatan yang salah
Ada beberapa jenis obat seperti obat antidepresan dan obat tekanan darah yang dapat menyebabkan mulut kering dan air liur sedikit, yang memungkinkan bakteri untuk berkembang biak. Jika Anda mencurigai obat-obatan sebagai penyebab gusi berdarah, periksa ke dokter.

5. Ada masalah yang serius
Penyakit kronis seperti diabetes atau leukimia dan HIV, dapat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh dan bisa sebabkan gusi bengkak dan berdarah. Jika darah terus keluar selama beberapa minggu, segera kunjungi dokter gigi Anda.

 


(ELG)