Membuat Rencana Lima Tahun Ke Depan Penting Dilakukan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 19 Oct 2016 17:41 WIB
romansa
Membuat Rencana Lima Tahun Ke Depan Penting Dilakukan
Jika Anda lajang, yakinkan bahwa Anda memang siap untuk sebuah hubungan yang baru. (Foto: Independent)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut seorang psikolog, rencana lima tahun ke depan membuat seseorang akan lebih mudah menemukan cinta.

Banyak orang mulai merasakan makna hidup yang sesungguhnya di usia 22 tahun. Berkencan seakan menjadi sebuah rutinitas yang monoton untuk dilakukan, bukan sesuatu yang menyenangkan lagi.

Dr. Nikki Martinez mengungkapkan bahwa rencana yang fleksibel dapat membantu seseorang mengetahui dengan jelas apa yang mereka inginkan dari pasangan dan apa yang bisa mereka berikan.

"Merencanakan terlalu dalam dapat membuntukan dan membuat Anda melepaskan kesempatan yang tak terduga," tukasnya. Namun, memiliki tujuan yang jelas dalam membuat lebih fokus.

Ia menyarankan, pertama-tama tuliskan bagaimana pasangan ideal yang Anda inginkan dalam sebuah kertas dan evaluasi daftar tersebut, apa yang benar-benar Anda butuhkan dari orang tersebut. 

Kemudian, tulis apa yang bisa Anda berikan sebagai balasan. Dengan demkkian, Anda akan lebih fleksibel dalam menjalani sebuah hubungan karena tahu apa yang diinginkan. Belajarlah dari masa lalu dan jangan gantungkan perasaan pada mereka yang Anda sukai.

Tentu saja, menemukan cinta tidak bisa didefinisikan dalam satu jawaban, hal tersebutah yang membuatnya menjadi menyenangkan sekaligus melelahkan.

Amanda Major, seorang terapis hubungan di badan amal Relate mengungkapkan bahwa mengevaluasi apa yang Anda inginkan dan apa yang bisa Anda berikan adalah kunci untuk menemukan cinta. "Apakah Anda sesuai dengan apa yang orang-orang inginkan?" tulisnya dalam The Independent awal tahun ini.

(Baca juga: Selain Cinta, Ini Lho Kata yang Ingin Didengar Wanita)

Ia mengungkapkan, kebanyakan konsultan hubungan di berbagai negara menemukan banyak klien mereka yang menunggu seseorang spesial dalam hidup mereka namun menolak kandidat yang berpotensi karena mereka melihat orang-orang tersebut tak sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mereka.

Dia juga menyerankan untuk tidak terburu-buru memilih pasangan dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

"Ketika memang benar beberapa orang secara instan langsung tahu bahwa telah menemukan jodohnya, tak ada yang salah dengan mengukur waktu untuk melihat perkembangan selanjutnya," tulisnya. Major menambahkan, meningkatkan kepercayaan diri juga dapat mempercepat proses.

"Jika Anda lajang, yakinkan bahwa Anda memang siap untuk sebuah hubungan yang baru. Hal itu akan membuat Anda lebih mudah mencari pasangan yang bahagia dan percaya diri karena Anda phn demikian," ujarnya.






(TIN)