Seri II: Tumbuh Kembang Bayi Serta Tips Melatih Kemampuan Sosialnya

Yatin Suleha    •    Kamis, 03 Nov 2016 12:36 WIB
seri tumbuh kembang bayi
Seri II: Tumbuh Kembang Bayi Serta Tips Melatih Kemampuan Sosialnya
Diusia 6 bulan, bayi bisa membedakan neneknya dari teman-teman Anda. Hal ini juga berarti ia mengerti objek permanen. (Foto: Doctors)

Metrotvnews.com, Jakarta: Setiap interaksi Anda dan si kecil, mengajarkan bayi tentang hubungan yang terjalin antara Anda dengannya. Dilansir dari parents.com, kami berikan seri tumbuh kembang bayi beserta tipsnya untuk melatih kemampuan sosial bayi Anda.

Usia 6 Bulan
Bayi Anda cemas di sekitar orang baru? "Sisi baiknya, kekhawatiran yang bisa berlangsung sampai 12 bulan ini mengindikasikan perkembangan kognitifnya," ucap Dr. Neal. 

Si kecil sekarang bisa membedakan neneknya dari teman-teman Anda. Hal ini juga berarti ia mengerti objek permanen, konsep bahwa Anda ada bahkan ketika ia tidak bisa melihat Anda.

- Melatih kemampuan sosialnya:
Saudara Anda datang untuk berkunjung? Bayi Anda mungkin tidak langsung tenang dalam pelukan tantenya ini. Biarkan si kecil mendapat pemanasan saat Anda duduk bersamanya di lantai dengan beberapa mainan balok.

Pada malam hari, minta pengasuh bayi yang baru untuk datang lebih pagi agar suasananya lebih cair. Jika bayi Anda merengek ketika Anda berjalan ke luar, dan segera setelah ia mulai bersenang-senang dengan pengasuhnya, dia akan lupa perpisahan dengan Anda yang membuatnya sedih.

(Baca juga: Meski Tak Digunakan, Ponsel Ganggu Pola Tidur Anak)

Usia 9 Bulan
Selama beberapa bulan sebelumnya Anda mencoba bermain petak umpat dan tertawa bersama bayi Anda, dan sekarang terjadi sesuatu yang bahkan lebih menarik; Ia manarik tangan Anda dari wajah Anda untuk mengontrol permainan atau menutup  mukanya untuk mendapatkan perhatian Anda.

"Di usia ini, bayi Anda mulai melihat dirinya sebagai orang yang memiliki kendali," kata Holly E. Brophy-Herb, PhD, lektor kepala tumbuh kembang anak di Michigan State University, di Lansing, Amerika. "Ia belajar bahwa ia bisa mendapat perhatian Anda untuk bermain bersamanya."




(TIN)