Cara Mencerahkan Bibir Atas yang Menghitam

Torie Natalova    •    Selasa, 08 Nov 2016 14:58 WIB
kecantikan
Cara Mencerahkan Bibir Atas yang Menghitam
Eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati dengan scrub gula buatan sendiri dapat efektif memperbaiki kondisi bagian bibir atas yang menghitam. (Foto: Boldsky)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bibir bagian atas biasanya lebih gelap dibanding bibir bagian bawah. Kondisi ini membuat banyak wanita mengaplikasikan produk riasan wajah untuk menyembunyikan kulit yang gelap di atas bibirnya.

Kulit pada bibir atas Anda sangat sensitif dan lebih rentan terhadap kerusakan. Hal-hal seperti paparan sinar matahari dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat juga dapat menggelapkan kulit bibir atas.

Ada beberapa cara alami untuk membuat bibir atas Anda memerah dan cerah kembali sehingga menambah kecantikan Anda. Tak ada salahnya mencoba cara alami dan jauhi produk dengan kandungan bahan kimia berbahaya.



1. Perasan air lemon
Lemon memiliki sifat yang dapat mencerahkan kulit. Ini berguna juga untuk bibir atas Anda yang gelap. Secara perlahan, gosok air perasan lemon segar pada daerah yang gelap setiap hari. Karena lemon cenderung menyebabkan kekeringan, sebaiknya gunakan pelembap yang ringan setelah memakai lemon tersebut.



2. Gunakan madu organik
Cara sederhana lain dan efektif mencerahkan bibir atas Anda adalah dengan menerapkan madu organik setiap hari. Ambil beberapa tetes madu dan terapkan di bagian yang gelap. Diamkan selama 20 menit sebelum dicuci bersih. Untuk hasil maksimal, gunakan dua kali sehari.



3. Terapkan jus wortel
Jus wortel segar sarat dengan vitamin A dan senyawa lain yang kuat sehingga efektif mencerahkan kulit di daerah yang gelap. Aplikasikan jus ini setiap hari agar bibir atas bisa kembali normal.



4. Terapkan air mawar dicampur gliserin
Campuran air mawar dan gliserin sudah terbukti dapat bertindak sebagai pelindung sekaligus losion. Ini dapat membersihkan kotoran dan mencerahkan kulit bibir yang gelap. Campurkan 3 sendok makan air mawar dengan 1 sendok makan gliserin, simpan dalam botol semprot. Terapkan ini satu kali sehari untuk mencerahkan bibir atas yang gelap.

(Baca juga: Manfaat Es Batu Untuk Kecantikan Kulit)



5. Eksfoliasi dengan scrub gula
Eksfoliasi atau pengangkatan sel-sel kulit mati dengan scrub gula buatan sendiri dapat efektif memperbaiki kondisi bagian bibir atas yang menghitam. Penumpukan sel-sel kulit mati dan kotoran memang dapat menyebabkan daerah bibir atas Anda lebih gelap. Campur gula dengan lemon dan madu, serta gunakan alat scrub pada bagian yang gelap. Lakukan ini selama seminggu sekali.



6. Terapkan jus mentimun
Mentimun mengandung agen pemutih yang cocok untuk mengatasi kulit bibir yang gelap. Ekstrak jus segar dari mentimun dapat dioleskan langsung ke daerah bibir dengan kapas. Ulangi proses ini 2-3 kali sepanjang hari dan biarkan semalaman untuk hasil yang sempurna.



7. Terapkan tepung beras dicampur yogurt
Campurkan 1 sendok makan tepung beras dengan 1 sendok teh yogurt hingga membentuk pasta halus. Lalu, oleskan pasta ke seluruh daerah bibir atas dan biarkan kering selama 15 menit sebelum dicuci. Gunakan ramuan ini 2-3 kali seminggu.






(TIN)