Cara Mengurangi Rasa Takut Saat Naik Pesawat

Raka Lestari    •    Jumat, 05 Oct 2018 09:31 WIB
psikologi
Cara Mengurangi Rasa Takut Saat Naik Pesawat
Salah satu alasan utama orang takut terbang adalah kurangnya pengetahuan tentang bagaimana pesawat dapat terbang. (Foto: Daniel De Ciantis/Unsplash.com)

Jakarta: Tidak sedikit orang yang memiliki rasa takut akan ketinggian, salah satunya adalah rasa panik ketika menaiki pesawat terbang.

Seseorang yang takut ketika menaiki pesawat selalu berpikir bahwa akan selalu ada hal-hal buruk yang terjadi ketika mereka naik pesawat terbang. Padahal sebenarnya, hal-hal tersebut belum tentu terjadi dan rasa takut itu hanyalah pemikiran mereka saja. 

Anda bisa melakukan beberapa hal ketika sedang naik pesawat terbang agar bisa mengurangi rasa takut Anda terhadap ketinggian. Berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi rasa takut saat naik pesawat terbang, menurut The Independent.

1. Mengetahui cara kerja pesawat terbang
Salah satu alasan utama orang takut terbang adalah kurangnya pengetahuan tentang bagaimana pesawat dapat terbang. Pilot British Airways, Kapten Steve Allright mengatakan, "Daya angkat pesawat terjadi karena sayap pesawat yang bergerak di udara, yang menggunakan prinsip fisika dan itu sangat normal."

(Baca juga: Apa yang Membuat Orang Takut Naik Pesawat?)

2. Percaya pada pilot
Percayakan kepada pilot yang bertugas, mereka yang menerbangkan pesawat merupakan orang-orang yang memang sudah kompeten di bidangnya dan sudah melalui proses ketat sehingga mereka akan melakukan tugasnya dengan profesional, ujar kapten Allright.

"Pilot adalah profesi yang cukup sulit dan mereka akan diuji ulang dan dilatih ulang setiap enam bulan selama karier mereka."

3. Memahami mengenai turbulensi
Turbulensi dalam pesawat terbang mungkin membuat Anda tidak nyaman tetapi bukan berarti bahwa itu berbahaya. Menurut Kapten Allright, "turbulensi terjadi karena alam dan sangat aman karena pesawat dirancang untuk dapat menahan turbulensi yang paling parah sekalipun."

4. Atur napas
Ketika merasa panik, mungkin akan sulit untuk mengatur napas. Ada cara yang bisa dilakukan ketika Anda mengalaminya, tarik napas lalu tahan empat detik, begitu juga hembuskan napas selama empat detik untuk mencegah rasa cemas berlebihan. Selain itu, usahakan juga untuk selalu berpikiran positif. 





(TIN)