Tips Mencegah Serangan Diabetes

Raka Lestari    •    Rabu, 14 Nov 2018 17:13 WIB
diabetes
Tips Mencegah Serangan Diabetes
Salah satu yang bisa mencegah terjadinya serangan diabetes adalah tetap bergerak. Salah satunya bisa dengan berjalan. (Foto: Ryoji Iwata/Unsplash.com)

Jakarta: Diabetes tipe 2, seperti banyak penyakit gaya hidup lainnya, dipicu oleh peradangan. Faktor keturunan juga bisa meningkatkan kemungkinan seseorang untuk mengalami penyakit ini.

Gaya hidup dan faktor lingkungan juga dapat berpengaruh entah itu dapat menjadi penyebab terjadinya diabetes atau bisa juga mencegah terjadinya penyakit tersebut. 

Sujata Sharma, ahli diabetes dari Beat O mengatakan, "Ilmu epigenetik mengungkapkan bahwa pilihan gaya hidup kita dapat memengaruhi gen kita."

"Pilihan gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras, diet yang tidak seimbang dan kurang olahraga dapat membangkitkan gen yang rentan terhadap penyakit dan pilihan gaya hidup yang sehat dapat mencegah penyakit."

Dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mencegah terjadinya serangan diabetes.

1. Memperhatikan pola makan
Sangat penting untuk mengonsumsi makanan sehat dan organik yang mengandung karbohidrat kompleks daripada karbohidrat olahan seperti roti, pasta, dan manisan. 

Batasi minuman manis yang memiliki kadar glikemik tinggi dan gantikan dengan pilihan minum yang lebih sehat seperti jus asli, yogurt, dan lainnya. 

Batasi daging merah dan hindari daging olahan, pilih kacang, gandum utuh, unggas, atau ikan. Seluruh diet harus seimbang dan terdiri mikronutrien seperti folat, vitamin B12, vitamin B6, riboflavin, metionin dan nutrisi lainnya.

(Baca juga: Ketahui Diabetes pada Anak Sebelum Terlambat)


(Atasi stres Anda dan lakukan olahraga ringan seperti misalnya jalan kaki. Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

2. Tetap bergerak
Kurang gerak dapat meningkatkan kemungkinan mengalami penyakit diabetes tipe 2. Latihan fisik membantu mengurangi risiko terkena diabetes dan komplikasi terkait. 

Bekerja dengan otot lebih sering dan membuat mereka bekerja lebih keras meningkatkan kemampuan mereka untuk menggunakan insulin dan menyerap glukosa. Olahraga juga mengurangi peradangan tubuh secara umum.

3. Stres manajemen
Ketika stres terjadi, tubuh bersiap untuk mengambil tindakan. Stres juga meningkatkan ekspresi gen yang melepaskan bahan kimia inflamasi. Praktik seperti yoga, meditasi, pernapasan dalam, dan pengurangan stres berdasarkan kesadaran adalah cara sehat untuk menghilangkan stres.

4. Tidur yang cukup
Tidur adalah waktu penting untuk pemulihan dan perbaikan tubuh pada tingkat sel. Itu termasuk pemeliharaan sistem kekebalan tubuh dan fungsi metabolisme tubuh.

Tidur yang buruk memengaruhi diabetes baik secara langsung maupun tidak langsung, dengan memicu perubahan pada hormon yang berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan obesitas dan menyebabkan perubahan perilaku dan gaya hidup.

Tidur yang tidak terganggu dan nyenyak merupakan alat efektif melawan resistensi insulin dan meningkatkan sensitivitas insulin.




(TIN)