Perubahan Panggul yang Anda Alami Selama Kehamilan

   •    Rabu, 19 Dec 2018 09:00 WIB
kehamilan
Perubahan Panggul yang Anda Alami Selama Kehamilan
Anda akan melihat perubahan panggul selama kehamilan untuk mengakomodasi si kecil yang sedang tumbuh di dalam rahim. (Foto: Eva Dang/Unsplash.com)

Jakarta: Bayangkan apa yang akan terjadi jika ukuran panggul Anda sempit, namun bayi di dalam rahim sangat besar? Tentu saja, melahirkan melalui proses normal tidak akan mungkin dilakukan dan operasi caesar adalah solusinya.

Seperti yang dilansir dari BabyCenter, Anda akan melihat perubahan panggul selama kehamilan untuk mengakomodasi si kecil yang sedang tumbuh di dalam rahim. 

Pada usia kehamilan di minggu ke-36, dokter akan melakukan pemeriksaan panggul Anda. Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengukur luas rongga panggul dengan semakin luasnya panggul Anda dipastikan akan mudah si kecil keluar saat melahirkan.


(Setiap wanita memiliki pelvis melingkar yang sangat bangus untuk memberi ruang bagi si kecil. Foto: Matthew T Rader/Unsplash.com)
 

(Baca juga: Ini yang Terjadi pada Tubuh Setelah Melahirkan)

Sebenarnya melalui mata telanjang, Anda bisa merasakan dan mengetahui perubahan pada panggul yang akan meluas. Jadi, untuk Anda yang baru pertama kali melahirkan si kecil akan bergerak naik dan turun dan itu adalah pertanda sangat baik bahwa si kecil akan lahir.

Tetapi sebelum itu, bahwa Anda akan banyak merasakan sakit di panggul dan di bagian depan pelvis dalam kehamilan.

Kenapa bisa merasakan sakit di bagian panggul? Dikarenakan kedua sendi ditahan dengan ligamen yang bergeser dan mengeluarkan hormon pada tubuh Anda lalu menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan selama kehamilan.

Setiap wanita memiliki pelvis melingkar yang sangat bangus untuk memberi ruang bagi si kecil. Bila diperhatikan di bagian panggul, Anda bisa melihat lingkarannya dan di sanalah kepala si kecil muncul dan berputar di sekitar tulang kemaluan dan siap lahir.


Maria Fransiska





(TIN)