Kunjungi Psikolog Jika Anda Merasakan 4 Gejala Ini

Dhaifurrakhman Abas    •    Selasa, 04 Dec 2018 15:59 WIB
psikologikesehatan mental
Kunjungi Psikolog Jika Anda Merasakan 4 Gejala Ini
Berikut adalah empat tanda-tanda Anda harus segera berkonsultasi dengan psikolog. (Foto: Carol Oliver/Unsplash.com)

Jakarta: Mungkin Anda pernah mengalami fase kesusahan dan kesedihan dalam kehidupan. Sampai-sampai merasa tak akan sanggup menghadapinya.

Kalau sudah begini, sebaiknya Anda buru-buru pergi berkonsultasi kepada Psikolog. Kalau tidak, bisa fatal. Berakhir dengan masalah yang lebih buruk.

Mesti diingat, berkonsultasi dengan psikolog bukan hanya untuk orang dengan gangguan kejiwaan, tetapi juga orang dengan mental yang sehat.

Berikut adalah empat tanda-tanda Anda harus segera berkonsultasi dengan psikolog seperti dilansir Times of India.

(Baca juga: 6 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Kesehatan Mental)

1. Marah dan kesal sepanjang waktu
Wajar jika Anda merasa emosi menjadi naik dan turun. Atau merasa haru sekali seolah bulan berwarna biru.

Tapi, jika haru diliputi marah dan jengkel sekaligus, itu bisa jadi sesuatu yang harus Anda dikhawatirkan. Mengunjungi seorang psikolog akan membantu Anda memahami dan mengatasi masalah dengan cara yang lebih baik.

2. Memiliki masalah sakit kepala dan perut kronis
Jika merasa sakit kepala berulang tanpa alasan, bisa jadi karena pikiran Anda sedang terganggu. Hal tersebut lama-lama bisa menyebabkan kerusakan pada bagian tubuh yang lain.

Anda dapat mengalami satu atau lebih dari gejala berikut termasuk sakit kepala kronis, masalah pencernaan, jatuh sakit begitu sering dan sebagainya. Segera mencari bantuan profesional merupakan langkah yang paling tepat.

3.  Performa kerja menurun
Memiliki masalah emosional bisa memengaruhi performa Anda di kantor. Juga, berdampak pada penurunan konsentrasi dan semangat bekerja.

Coba tanyakan pada rekan kerja, apakah mereka melihat bahwa kinerja Anda terpuruk? Jika benar adanya, segeralah berkonsultasi dengan para ahli.

4. Berhenti melakukan aktivitas yang Anda nikmati sebelumnya
Setiap orang pasti punya kegiatan yang membuatnya bahagia. Misal, menonton, nongkrong dengan teman-teman atau traveling dan semacamnya.

Namun, jika Anda merasa kegiatan yang bikin bahagia sudah tak ampuh lagi, bisa jadi ada masalah yang sedang menimpa. Pergi bertemu terapis dapat membantu Anda mendapatkan kejelasan masalah yang sedang dihadapi.




(TIN)