Paparan Sinar Matahari dari Jendela Kamar Buat Kualitas Tidur Membaik

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 20 May 2017 16:30 WIB
tidur
Paparan Sinar Matahari dari Jendela Kamar Buat Kualitas Tidur Membaik
Paparan Sinar Matahari dari Jendela Kamar Buat Kualitas Tidur Membaik (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas tidur, cobalah lebih banyak meluangkan waktu di depan jendela di pagi hari. Sebuah penelitian menemukan bahwa bangun pagi untuk menikmati cahaya matahari dan paparan cahaya seharian dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi tingkat stres.

Studi yang dipublikasikan secara daring dalam Sleep Health tersebut juga menemukan bahwa pembatasan paparan sinar di malam hari dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena keseimbangan cahaya di siang dan malam hari berpengaruh pada jam sirkadian tubuh.

"Banyak orang berpikir untuk mengurangi tungkat pencahayaan untuk efisiensi energi, namun kita mulai perlu berpikir tentang bagaimana pencahyaan lingkungan di siang hari," tukas pemimpin studi Mariana Figueiro pada Reuters.

Penelitian tersebut melihat bagaimana paparan sinar pada 109 relawan selama seminggu di musim panas dan seminggu di musim dingin. Mereka ditanyai seputar pola tidur dan terbangun, bagaimana suasana hari dan kualitas tidur selama masa penelitian.

Hasilnya, mereka yang terpapar lebih banyak cahaya di pagi hari, antara pukul 8 pagi hingga menjelang siang, lebih cepat tertidur dan memilik sedikit gangguan tidur. Selain itu, mereka juga memiliki tingkat depresi yang lebih sedikit dibandingkan partisipan yang lebih sedikit mendapatkan paparan sinar pagi.

Faktanya, paparan tinggi akan sinar sepanjang hari hingga pukul 5 sore, dapat membuat tidur lebih baik dan mengurangi depresi.

Menurut Science Daily, ritme sirkadian adalah jam tubuh seseorang yang membantu menentukan waktu fungsi tubuh tertentu, seperti tidur dan bangun. Tubuh bergantung pada ada atau tidak adanya cahaya untuk memberi isyarat saat memproduksi hormon yang membantu menginduksi tidur dan membuat terbangun.

"Pola cahaya dan gelap yang kuat (cahaya efektif sirkadian tinggi di siang hari dan rendah di malam hari) penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita," kata Figueiro.

Para periset mengatakan temuan ini menunjukkan bahwa tidak hanya penting untuk memperhitungkan cahaya di rumah, tapi juga di tempat kerja meski hanya sebentar.

 


(ELG)