Minuman Berwarna Cenderung Tinggi Kalori

   •    Senin, 14 Aug 2017 12:59 WIB
minuman kemasan
Minuman Berwarna Cenderung Tinggi Kalori
Ilustrasi. (Foto: Read and Digest)

Metrotvnews.com, Jakarta: Spesialis Penyakit Dalam dr. Laurentius Aswin mengatakan kebutuhan cairan setiap individu akan berbeda, tergantung usia, jenis kelamin, kondisi tubuh bahkan aktivitas fisik dan faktor lingkungan.

Tetapi pada umumnya orang akan disarankan mengonsumsi sebanyak 8 gelas air per hari untuk mencukupi kebutuhan cairan harian.

"Secara umum kita patok di angka 2 liter sehari kalau dibagi gelas 250 cc itu bisa delapan gelas sehari. Itu patokanya minum 8 gelas sehari," ujar Aswin dalam Metro I-Care, Minggu 13 Agustus 2017.

Selain air putih, beberapa orang mungkin tergiur mengonsumsi minuman lain yang memiliki warna dan rasa berbeda sebagai bagian dari 'rekreasi'. Aswin mengatakan mengonsumsi minuman selain air putih dibolehkan asal tidak berlebihan.

"Memang yang paling baik itu air putih, atau susu lah paling tidak. Tapi kita kan ada kebutuhan untuk rekreasi misalnya ingin soda, boleh saja asal enggak terlalu banyak karena dia mengandung  kalori yang sangat tinggi," kata Aswin.

Aswin mengatakan agar nutrisi harian tetap dapat terpenuhi, dia menyarankan agar tidak mengonsumsi minuman yang berwarna dan berasa lebih dari satu porsi dalam sehari. Sebab jika berlebihan, gula yang terkandung dalam satu porsi minuman, seperti soda misalnya, sudah memenuhi kebutuhan kalori harian yang jumlahnya cukup tinggi. 

Aswin mengatakan dalam satu porsi minuman bersoda bisa mengandung 300 kalori yang jika diasumsikan setara dengan konsumsi nasi harian. Bahayanya ketika terlalu banyak minum minuman berwarna dan berasa membuat tubuh tidak bisa mengonsumsi makanan lain sebab porsi nutrisi hariannya sudah tercukupi.

"Padahal nutrisi itu bukan hanya gula saja melainkan protein, serat dan lain-lain. Jadi lebih baik tidak berlebihan karena tubuh perlu nutrisi lainnya," jelas Aswin.




(MEL)