Gigi Ngilu saat Makan? Intip 5 Tips Mengatasinya

Rosa Anggreati    •    Selasa, 06 Jun 2017 08:02 WIB
kesehatan gigi dan mulut
Gigi Ngilu saat Makan? Intip 5 Tips Mengatasinya
Gigi terasa ngilu saat sedang makan dan minum merupakan pertanda gigi sensitif (Foto:Getty Images)

Metrotvnews.com, Jakarta: Apakah gigi Anda pernah terasa ngilu saat sedang makan dan minum? Jika ya, itu pertanda gigi Anda sensitif.

Gigi memiliki lapisan email dan gusi yang melindungi lapisan dalam gigi yang disebut dentin. Ketika lapisan email terkikis atau gusi menurun, maka dentin akan terbuka sehingga sensasi panas atau dingin dari makanan langsung masuk mengenai serat gigi, dan membuat gigi terasa ngilu.

Rasa ngilu pada gigi timbul akibat makanan asam, kebiasaan menggeretak gigi, penyakit pada gusi, lubang pada gigi, penumpukan plak, cara menyikat gigi yang salah, dan penggunaan bulu sikat gigi yang kasar.

Setelah mengetahui penyebab ngilu pada gigi sensitif, Anda dapat mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Hindari makanan asam dan minuman bersoda

Anda dianjurkan menghindari minuman bersoda, yoghurt, dan jeruk sitrus karena bersifat asam. Semua itu dapat mengikis lapisan email gigi. Jika sangat ingin mengonsumsinya, minumlah dengan sedotan untuk mengurangi risiko sensasi ngilu pada gigi.

2. Perbaiki cara menyikat gigi

Cara paling sederhana untuk menjaga kesehatan dan kebersihan gigi adalah dengan menyikat gigi dua kali sehari menggunakan bulu sikat yang lembut. Hindari menggosok gigi terlalu sering dan dengan cara yang kasar. Perhatikan pula untuk menggosok gigi dengan cara yang benar, yaitu dengan gerakan melingkar atau dengan gerakan vertikal dari arah gusi ke gigi.

3. Jangan menggeretak gigi

Kebiasaan menggeretakkan gigi atau menggigit benda akan berpengaruh buruk pada gigi, terutama jika Anda memiliki riwayat gigi sensitif. Jika tidak dihentikan, kebiasaan menggeretakkan gigi akan menyebabkan gigi aus (abrasi), goyang, mengalami peningkatan sensitivitas, peningkatan volume otot pengunyahan, dan menimbulkan nyeri pada otot-otot pengunyahan.

4. Konsultasi ke dokter gigi

Jangan ragu berkonsultasi ke dokter gigi untuk memantau perkembangan status gigi sensitif Anda. Lakukan pemeriksaan gigi secara rutin minimal setiap enam bulan sekali. Dengan mengetahui hasil pemeriksaan, Anda dapat menentukan langkah perawatan selanjutnya.

5. Gunakan pasta gigi khusus

Pasta gigi khusus gigi sensitif dirancang khusus untuk membantu orang dengan gigi sensitif. Gunakan Pepsodent Sensitive Expert yang mengandung bahan aktif Potassium Citrate dan HAP Mineral untuk membantu menghalangi lubang kecil pada dentin, dan membantu meredakan sensasi ngilu pada gigi.

Selain itu, kini Anda dapat menggunakan Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5. Serum ini diciptakan khusus untuk mengembalikan lapisan pelindung pada dentin gigi sehingga mengurangi rasa ngilu, memperbaiki permukaan dentin yang terkikis, dan bersifat membentuk lapisan pelindung.

Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5 mampu meredakan rasa ngilu pada gigi karena mengandung Potassium Citrate, Zinc Citrate, Hydroxyapatite (HAP Mineral), dan Fluoride yang persis sama dengan molekul utama pembentuk gigi.

Melalui penelitian yang telah dilakukan di laboratorium dan uji coba langsung kepada konsumen, Pepsodent mengklaim bahwa jika serum digunakan secara rutin, maka inflamasi pada gigi berkurang secara signifikan saat memasuki minggu ke-16.

Patut diperhatikan, serum ini hanya boleh digunakan maksimum 16 tetes dalam sehari. Anak kecil berusia di bawah 8 tahun belum diperkenankan menggunakan karena masih memiliki gigi susu.

Cara pakai Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5 sangat mudah. Teteskan serum pada aplikator dan oleskan pada area gigi yang sensitif. Setelah itu, diamkan 5 detik tanpa perlu dibilas dan setelahnya Anda bebas makan dan minum hingga delapan jam ke depan, tanpa takut gigi ngilu.

Dalam rangka menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tidak mengabaikan gejala gigi sensitif, Pepsodent Sensitive Expert menggelar kampanye MenolakSensi pada 30 April 2017 di Jakarta. Kampanye ini berbentuk aksi long march di area jalan Sudirman hingga ke Bundaran HI. Peserta long march diberi informasi seputar gigi sensitif dan cara menanganinya. Mereka juga mendapatkan pasta gigi Pepsodent Sensitive Expert secara gratis, dan bisa melakukan cek gigi gratis dari Pepsodent Dental Expert Center. Turut meramaikan acara tersebut The Dance Company, Happy Salma, Ariyo Wahab, dan Soleh Solihun.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut mengenai Pepsodent Sensitive Expert Serum Intense Repair 5 di sini.


(ROS)