Ini Penyebab Mudah Lelah di Usia 30-an

Nia Deviyana    •    Selasa, 30 May 2017 15:19 WIB
kesehatan
Ini Penyebab Mudah Lelah di Usia 30-an
(Foto: Diabetesselfmanagement

Metrotvnews.com, Jakarta: Usia 30-an memang belum masuk kategori tua. Tetapi faktanya, banyak orang usia 30-an mengeluh gampang pegal, capek, dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Spesialis penyakit dalam Dr Mangatas Manalu menjelaskan, ada berbagai perubahan di dalam tubuh jelang usia 30-an.

"Pada tubuh ada yang namanya proses anabolisme (membangun sel) dan katabolisme (menghancurkan sel tubuh yang rusak dan membuangnya dari tubuh). Memasuki usia 30-an, kedua proses itu menurun kinerjanya. Jadilah Anda mudah pegel dan capek karena banyak sel yang rusak menumpuk di dalam tubuh," jelasnya dalam bincang-bincang di Metro I-Care.

Dr Mangatas menambahkan, menjaga pola makan dan rajin berolahraga sejak memasuki usia 25 tahun penting dilakukan untuk menghindari keluhan tersebut.
Dengan demikian, siklus anabolisme dan katabolisme tetap bekerja secara stabil meski umur terus bertambah.

Masalah lain yang tak jarang dikeluhkan, terutama pada wanita yang memasuki usia 30-an adalah sulitnya menurunkan berat badan.

Dr Mangatas mengatakan, pada usia tersebut sistem metabolisme memang sudah tidak sebaik ketika usia 20-an.

"Apalagi massa lemak wanita lebih banyak. Setiap 1 kilogram berat badan, 50 persen terdiri dari massa lemak. Kalau pada pria, cuma 25 persen. Itu juga kenapa wanita cenderung lebih mudah gemuk dibanding pria," pungkasnya.


(DEV)