5 Asupan Nutrisi untuk Mengeluarkan Racun Tubuh

Torie Natalova    •    Selasa, 19 Sep 2017 11:28 WIB
tips kesehatan
5 Asupan Nutrisi untuk Mengeluarkan Racun Tubuh
(Foto: Weightlossresources)

Metrotvnews.com, Jakarta: Berbagai makanan dan minuman yang dikonsumsi tanpa disadari dapat membawa racun yang berbahaya ke dalam tubuh. Jika bahan kimia yang masuk ke tubuh terlalu banyak, tentu dapat menyebabkan dampak negatif pada kesehatan.

Misalnya, paparan merkuri yang biasanya ditemukan dalam makanan laut atau lingkungan dapat mempengaruhi otak, paru-paru dan ginjal.

Organ tubuh yang bekerja maksimal menghilangkan racun dalam tubuh adalah hati, ginjal, dan sistem limfatik yang efektif memecah bahan kimia berbahaya dalam tubuh.

Untuk menjaga fungsi hati dan ginjal tetap maksimal, simak beberapa cara alami untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

1. Makan sayuran hijau

Sayuran hijau bisa menjadi persediaan nutrisi dalam tubuh. Banyak proses detoks tubuh berkaitan dengan kadar yang cukup akan vitamin dan mineral terutama vitamin B, seng, magnesium, mangan, dan molybdenum. Anda bisa mengonsumsi bayam atau brokoli dan kubis untuk mendapatkan nutrisi terbaik tersebut.

2. Minum air jeruk

Vitamin C merupakan kunci utama kekuatan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa membantu tubuh memproduksi glutathione, antioksidan yang menetralkan racun dan meningkatkan enzim pencernaan.

3. Konsumsi bawang putih

Seperti jeruk, bawang putih membantu produksi glutathione dan mendukung enzim hati. Bawang putih juga memiliki 39 zat yang berbeda untuk melawan jamur, bakteri, parasit, dan virus.

4. Minum banyak air

Ginjal menghasilkan urin yang merupakan pemeran utama dalam membantu tubuh mengeluarkan racun. Sehingga, minum banyak air putih membantu kinerja ginjal Anda.

5. Minum teh

Teh hijau, hitam dan olong berasal dari tanaman yang sama. Tapi, pengolahan teh hijau dengan mengukus daun teh yang layu menghasilkan minuman yang kaya akan katekin, senyawa yang menghilangkan radikal bebas. Sebuah studi di University of Arizona

Cancer Center menemukan bahwa enzim katekin mampu melindungi tubuh dari kanker dan racun lain yang masuk ke dalam tubuh.




(DEV)