Normalnya Pubertas Hanya Berlangsung Tiga Tahun

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 26 May 2017 18:25 WIB
perkembangan anak
Normalnya Pubertas Hanya Berlangsung Tiga Tahun
Ketika sudah mengalami menstruasi, umumnya pertumbuhan anak perempuan akan melesat, terlihat dari pertumbuhan tinggi badannya. (Foto: Pinterest/Daniƫlle de Haan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Banyak orang mengira bahwa tanda awal pubertas pada wanita adalah menstruasi. Padahal, itu adalah tanda terakhir yang menunjukkan pertumbuhan reproduksi pada fase tersebut.

"Tanda awal dari pubertas adalah tumbuhnya payudara, sementara menstruasi adalah tanda terakhir," tukas Frida Soesanti selaku perwakilan dari Satgas Remaja Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) saat ditemui di Kementerian Kesehatan, Jumat 26 Mei 2017.



Ketika sudah mengalami menstruasi, umumnya pertumbuhan anak perempuan akan melesat, terlihat dari pertumbuhan tinggi badan. Umumnya, anak perempuan mengalami pertumbuhan payudara pada usia 10 tahun.

(Baca juga: Haid Terlalu Lama? Mungkin Ini Penyebabnya)

Selain bagian payudara, beberapa tanda pubertas lain adalah tumbuhnya rambut pada ketiak dan kemaluan serta mulai terbentuknya pinggul.

"Waktu pubertas seseorang normalnya terjadi dalam tiga tahun, dari pertumbuhan payudara hingga menstruasi," tambahnya.

Di Indonesia, rata-rata anak perempuan mengalami mentruasi pada usia 12,5 tahun dimana saat itu tengah menginjak akhir Sekolah Dasar atau awal Sekolah Menengah Pertama.

Interval menstruasi yang normal adalah 28 hari (21-45 hari masih dianggap normal) dengan durasi 3-7 hari dan total darah yang dikeluarkan 30-80 mL setiap bulan. 








(TIN)