Suami yang Menarik Secara Fisik Cenderung Membuat Istri Alami Gangguan Makan

Sri Yanti Nainggolan    •    Rabu, 02 Aug 2017 21:46 WIB
diet
Suami yang Menarik Secara Fisik Cenderung Membuat Istri Alami Gangguan Makan
Suami yang Menarik Secara Fisik Cenderung Membuat Istri Alami Gangguan Makan (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang memiliki pasangan yang menarik cenderung memiliki tingkat penghargaan diri rendah dan mengalami gangguan makan.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Body Image tersebut menemukan bahwa hubungan di mana wanita dianggap tidak semenarik pasangannya cenderung melakukan diet. Sementara wanita yang berpenampilan lebih baik dari pasangannya merasa tak perlu melakukan pola hidup sehat atau menguruskan badan.

Studi tersebut juga menunjukkan bahwa pria tak merasakan motivasi yang serupa meskipun penampilan pasangan mereka lebih menarik.

Menurut para peneliti dari Florida State University tersebut, hasil penemuan tersebut adalah kunci untuk mengetahui penyebab dari gangguan makan.

Untuk mendapatkan kesimpulan tersebut, tim memeriksa 113 pasangan pengantin baru yang telah menikah kurang dari empat bulan dan masih berusia di bawah 30 tahun dengan mengukur tingkat kemenarikan mereka dan menanyakan motivasi mereka untuk makan sehat.

Foto seluruh tubuh setiap partisipan diambil dan diberi nilai dengan skala 1-10 dengan berfokus pada ketertarikan wajah dan tubuh.

Setiap partisipan juga mengiai pertanyaan panjanh yang berfokus pada hasrat mereka terkait pemikiran soal tubuh, seperti 'Saya merasa sangat bersalah setelah makan', 'Saya senang bila merasa lapar', dan 'Saya merasa sedih jika berat badan naik'.

Andrea Meltzer, asisten profesor jurusan psikologi di Florida State sekaligus peneliti studi mengungkapkan, "Hasil ini menunjukkan bahwa memiliki suami dengan fisik menarik kemungkinan memberi konsekuensi negatif pada istri, terutama jika sang istri tak menarik."

Ia menambahkan, untuk mencoba mengerti motivasi diet wanita, penelitian ini menyarankan untuk mengadopsi pendekatan yang berfokus pada hubungan dalam berpasangan.


 


(ELG)