Selain Benjolan di Perut, Ketahui Enam Gejala Lain dari Hernia

Raka Lestari    •    Selasa, 10 Apr 2018 11:03 WIB
kamus kesehatan
Selain Benjolan di Perut, Ketahui Enam Gejala Lain dari Hernia
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Hernia merupakan sebuah kondisi di mana ada organ dalam tubuh yang menekan jaringan otot atau jaringan di sekitarnya yang lemah. Kondisi ini bisa sangat menyakitkan. 

Seringkali penyakit ini menyerang para pria, tetapi tidak menutup kemungkinan wanita juga bisa mengalaminya. Sebab itu, mengenali gejala penyakit ini sangat penting untuk mempercepat pengobatan. 

Dilansir dari Reader's Digest, ada tujuh gejala yang harus Anda waspadai, yakni sebagai berikut. 

1. Tonjolan di perut

Tanda hernia yang paling umum adalah benjolan atau tonjolan yang terlihat dan menyakitkan di daerah perut. Namun, ini bukan sepenuhnya indikasi Anda menderita hernia. Pemeriksaan dokter diperlukan untuk memastikannya. 

2. Nyeri saat membungkuk atau mengangkat benda berat 

Nyeri dan rasa tidak nyaman di perut dapat menandakan hernia meskipun tidak ada tonjolan. Khususnya, jika Anda merasakan nyeri, tekanan, atau ketidaknyamanan saat membungkuk, mengangkat barang, atau batuk.  

Beberapa jenis hernia yang langka seperti hernia femoralis atau obturator, di mana organ perut mendorong ke selangkangan atau kaki bagian atas lebih kecil kemungkinannya untuk menyebabkan benjolan. Untuk mendiagnosis hernia jenis ini harus membutuhkan CT scan.

3. Cepat kenyang

Ini adalah salah satu gejala hernia yang paling mudah diabaikan karena terkadang bisa membingungkan. Jika Anda merasa kembung dan begah, padahal Anda belum makan berlebihan, terutama jika perasaan itu bertambah buruk atau menjadi menyakitkan maka segeralah periksakan diri ke dokter. 

4. Otot lemah

Ketika Anda mengalami hernia, Anda akan mengalami kelelahan otot di area pinggul, otot kaki bagian atas, dan selangkangan yang disebabkan karena tekanan pada area sekitarnya. 

5. Mual atau muntah

Sakit perut atau muntah bisa menjadi tanda bahwa hernia sudah masuk tahap serius. Jaringan yang mengalami hernia yang tidak disembuhkan atau kembali ke tempatnya akan terperangkap dan itu akan menyebabkan mual atau muntah. 

6. Demam 

Demam merupakan pertanda jaringan yang mengalami hernia tidak mendapatkan aliran darah yang cukup dan kondisi tersebut bisa mengancam jiwa.

7. Konstipasi

Terkadang, usus besar dapat mengalami hernia dan itu dapat mengganggu pencernaan. Hasilnya adalah sembelit dan kesulitan buang angin. Dalam beberapa kasus, usus bisa membengkak dan mengalami tekanan, suatu kondisi yang biasanya membutuhkan prosedur pembedahan untuk mengatasinya. 


Lihat video:




(DEV)