Jaga Kesehatan Mata dengan Cara Ini

   •    Rabu, 28 Mar 2018 13:42 WIB
kesehatan mata
Jaga Kesehatan Mata dengan Cara Ini
Menggunakan kacamata hitam bisa mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk pada mata Anda. (Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

Jakarta: Mata menjadi salah satu indera yang penting untuk menunjang kehidupan. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada mata Anda apalagi bisa sampai menyebabkan kebutaan.

Beberapa tips dilansir dari Healthmeup.com berikut ini dapat membantu Anda menjaga kesehatan mata.

1. Perhatikan jarak saat Anda membaca
Jangan berbaring telentang saat membaca. Cobalah untuk memegang buku 30 sentimeter dari mata Anda. Ambil waktu sekitar 5-10 menit istirahat saat membaca untuk mengistirahatkan mata Anda. Anda juga dapat membuat mata Anda santai dengan melihat sebuah objek yang setidaknya berjarak 6 meter.

Selain itu, Anda juga disarankan untuk tidak membaca di lampu redup karena hal ini dapat menyebabkan ketegangan mata. Dan juga Anda perlu menghindari membaca saat bergerak (seperti di kereta atau bus) sebab hal ini dapat menyakibatkan Anda mabuk serta pusing (motion sickness).

2. Selalu kenakan kacamata keselamatan (safety goggles)
Pastikan Anda selalu menggunakan kacamata pelindung saat menangani bahan-bahan kimia, dan berhati-hatilah agar jangan sampai terjadi kontak dengan mata Anda. Atau terhadap paparan sinar ultra violet di tempat kerja, Anda harus menggunakan kacamata keselamatan untuk menghindari efek sinarnya yang berbahaya.

(Baca juga: Menghabiskan Waktu di Alam Baik untuk Kesehatan Mata)


(Menggunakan kacamata hitam bisa mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk pada mata Anda. Foto: Brooke Cagle/Unsplash.com)

3. Perhatikan lensa yang dipakai
Ketika bekerja dengan permukaan reflektif seperti layar komputer, Anda perlu menggunakan kacamata dengan lapisan anti-reflektif untuk menghindari silau dan mencegah ketegangan mata serta bisa meningkatkan mata Anda lebih jelas saat melihat sesuatu. Selain itu, Anda bisa memilih lensa terpolarisasi untuk mengurangi kekuatan sinar.

4. Jangan lupa memakai kacamata hitam
Kacamata hitam mampu melindungi mata Anda dari sinar UV di mana bisa menyaring 99-100 persen sinar ultraviolet. Apalagi, kacamata hitam biasa juga akan mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk pada mata Anda.

5. Rutin periksa ke dokter
Selalu ikuti petunjuk dari dokter mata Anda ketika menggunakan kacamata atau lensa kontak. Anda juga perlu memeriksakan mata Anda setahun sekali pada dokter mata, bahkan walaupun Anda tidak memiliki keluhan apapun. Pastikan untuk pergi ke dokter Anda secara teratur untuk pemeriksaan mata menyeluruh. Karena ini merupakan cara yang paling baik untuk memantau kesehatan mata Anda.

6. Hidup sehat
Agar mata Anda tetap sehat, Anda perlu mengonsumsi makanan diet yang rendah lemak, penuh dengan sayuran berdaun hijau kaya karotenoid. Selain itu, Anda juga diharuskan mengontrol tekanan dan kadar kolesterol darah Anda. 


Sumarni







(TIN)