Tips Mudah Hilangkan Cegukan

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 28 Jul 2018 15:33 WIB
tips kesehatan
Tips Mudah Hilangkan Cegukan
Tips Mudah Hilangkan Cegukan (Foto: shutterstock)

Jakarta: Apakah Anda kerap mengalami cegukan saat di tengah aktivitas, seperti ketika tertawa atau sedang tidur? Jika ya, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang gangguan satu ini.

Cegukan adalah kontraksi tiba-tiba yang tidak disengaja (spasme) dari otot diafragma. Pita suara tiba-tiba menutup, menghasilkan suara cegukan ketika kejang otot. Minum terlalu banyak dan makan terlalu cepat dapat menyebabkan cegukan.

Berikut adalah beberapa hal seputar cegukan yang perlu Anda tahu, seperti dilansir Thehealthsite.

1. Cegukan bisa berlangsung selama satu bulan
Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh ahli saraf di Kedokteran Loyola, cegukan dialami oleh hampir semua orang di masa hidup mereka. Namun, bagi sebagian orang bahkan bisa bertahan sebulan.

"Cegukan yang sulit dapat sering terjadi tetapi orang-orang tidak menyadari", kata Kepala staf neurologi, Stasia Rouse dan Asisten Profesor Matthew Wodziak.

2. Cegukan saat tidur
"Cegukan menembus semua tahapan tidur; dalam tidur REM, secara acak. Cegukan tidur tidak terkait dengan sleep apnea.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Sleep, tidur menyinkronkan laju pernapasan dengan laju cegukan. Selama tidur ringan, tingkat cegukan melebihi laju pernapasan, sedangkan selama tidur nyenyak, tingkat pernapasan melebihi tingkat cegukan.

3. Jumlah cegukan dalam satu menit
Seseorang bisa mengalami 4-60 cegukan semenit. Bagaimana cara mengatasinya? Minum air dengan cepat atau bernapas dalam kantong kertas. Gerakan cepat tersebut melepaskan ion kalsium ke dalam darah yang menghalangi aktivitas sistem saraf, yang juga termasuk kejang otot.


 


(ELG)