Cara Mencuci Tangan yang Benar

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 02 Jul 2018 13:42 WIB
tips & trik
Cara Mencuci Tangan yang Benar
Bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Berikut tips yang direkomendasikan oleh Centers for Disease Control and Prevention CDC. (Foto: Christin Hume/Unsplash.com)

Jakarta: Mencuci tangan merupakan salah satu cara menjaga kesehatan yang sederhana dan mudah dilakukan. Tapi, kenyataanya justru sebaliknya, karena banyak yang melakukan kesalahan.

Menurut penelitian yang dilakukan US Department of Agriculture (USDA), sekitar 97 persen orang melakukan kesalahan saat mencuci tangan. Pada akhirnya menyebabkan tubuh kita terjangkit penyakit dari asupan yang kita makan.

Studi yang dilakukan melibatkan 383 orang di enam fasilitas dapur uji di wilayah metro Raleigh-Durham North Carolina dan di pedesaan Smithfield, North Carolina, menunjukkan kesalahan fatal yang dilakukan adalah terlalu cepat. 

(Baca juga: Kebiasaan Cuci Tangan Efektif Melindungi Tubuh dari Paparan Bahan Kimia)

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC) menyarankan, setidaknya waktu yang dibutuhkan untuk mencuci tangan yaitu selama 20 detik. Sehingga hanya sedikit kuman yang dapat dibasmi karena terlalu cepat mencuci tangan.


(Salah satu cara yang benar ketika mencuci tangan adalah dengan menggunakan air yang mengalir. Foto: Charles Deluvio ????????????????/Unsplash.com)

Selain itu, banyak peserta studi juga tidak mengeringkan tangan mereka dengan handuk bersih. Lalu, bagaimana cara mencuci tangan yang benar? Berikut tips yang direkomendasikan oleh CDC, yaitu: 

1. Membasahi tangan dengan air bersih yang mengalir. Pastikan untuk membasahi punggung tangan, di antara jari-jari, dan di bawah kuku jari.

2. Setelah membasahi tangan, matikan keran dan gunakan sabun.

3. Gosok tangan setidaknya selama 20 detik. Supaya tidak bosan, Anda bisa melakukanya sambil bernyanyi kecil.

4. Bilas tangan dengan air bersih yang mengalir.

5. Keringkan tangan dengan handuk bersih atau keringkan udara.





(TIN)