Merawat Bibir Tanpa Pelembap

   •    Senin, 07 May 2018 18:04 WIB
kesehatan kulit
Merawat Bibir Tanpa Pelembap
Ilustrasi. (Thinkstock)

Jakarta: Sering kali orang hanya membicarakan produk lipstik atau lip balm apa yang banyak digunakan orang baru-baru ini. Jarang dari mereka berbicara tentang bagaimana merawat bibir. 

Faktanya penggunaan produk pelembab bibir secara berlebihan justru dapat memicu pengelupasan kulit lebih cepat. Alih-alih mendapatkan warna sempurna dengan beragam lipstik, bibir justru kehilangan kelembapannya.

Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mendapatkan bibir tetap halus, sehat, dan terawat tanpa harus menggunakan lipstik atau pelembab bibir lainnya.

Lindungi bibir dari sinar matahari
Tak cuma wajah atau kulit tubuh yang tampak, mengaplikasikan tabir surya juga perlu dilakukan untuk bibir. Cuaca panas dan penggunaan lipstik yang tidak tepat dapat membuat bibir mudah kering dan pecah-pecah, penggunaan tabir surya yang mengandung SPF 30 dapat melindungi bibir khususnya dan tubuh secara umum.

Jangan menjilat bibir
Ketika bibir terasa kering terkadang lidah secara refleks menjilat bibir untuk mendapatkan sedikit kelembapan. Faktanya, air liur hanya akan mengeluarkan uap air dari bibir dan membuatnya lebih kering dari sebelumnya. Ketimbang menjilati bibir, penggunaan lip balm lebih disarankan.

Konsumsi air putih
Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting karena mulut dan bibir adalah bagian yang paling terdampak ketika tubuh dehidrasi. Bibir kering dan pecah-pecah bukan hanya merusak penampilan namun juga menyakitkan.

Hindari penggunaan lip balm dengan beragam campuran
Sebelum anda membeli produk baca dulu informasi kandungan bahan di dalamnya. Produk lip balm yang ditambahkan zat aditif tentu dapat memicu reaksi alergi dan iritasi. Kondisi ini tentu sangat berbahaya bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

Periksa ke dokter
Jangan ragu untuk mengunjungi dokter saat kondisi bibir tetap kering cenderung pecah-pecah secara berkelanjutan. Minta saran dokter untuk mengurangi gejala dan rekomendasi produk yang bisa digunakan. Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari yang berlebihan mungkin membutuhkan perawatan lebih.

Jangan melembabkan
Mungkin terdengar sedikit kontradiktif tetapi beberapa dari kita mungkin sudah kecanduan penggunaan lip balm atau lipstik. Sejumlah ahli mengatakan satu kali usapan lip balm cukup bagi kebanyakan orang.

Jika anda sering mengaplikasikan produk pelembab bibir setelah makan atau menyikat gigi cobalah untuk mengurangi. Cukup gunakan petroleum jelly di bibir sebelum tidur. (Khaleejtimes)




(MEL)