Lima Hal yang Harus Dihindari pada Trimester Tiga Kehamilan

Raka Lestari    •    Minggu, 03 Jun 2018 15:52 WIB
kehamilan
Lima Hal yang Harus Dihindari pada Trimester Tiga Kehamilan
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Meski sudah melewati periode berisiko, wanita pada trimester ketiga kehamilan memiliki beberapa pantangan yang sebaiknya dihindari agar janin tetap sehat.

Hal-hal seperti bepergian jarak jauh, terutama di pesawat sampai melakukan olahraga yang bisa membahayakan kehamilan sebaiknya tidak dilakukan pada trimester ketiga.

Dilansir dari Romper, beberapa hal ini juga tidak boleh dilakukan pada trimester ketiga kehamilan.

1. Mengabaikan janji dengan dokter kandungan

Pada usia trimester ketiga kehamilan, Anda akan semakin sering pergi ke dokter kandungan untuk mengecek kesehatan. Antonio Asis, M.D., ahli kandungan di  Texas Health Presbyterian Hospital meminta para ibu untuk tidak mengabaikan jadwal rutin pengecekan ke dokter kandungan.

"Pada usia tersebut, seorang ibu akan memiliki tekanan yang sangat besar dan rentan mengalami stres. Untuk itu, perlu evaluasi secara berkala demi keselamatan ibu dan bayi."

2. Bepergian ke luar negeri

Menurut Jason James, MD, direktur medis di FemCare Ob-Gyn di Miami, "Ketika Anda sudah semakin dekat dengan tanggal kelahiran, sebaiknya Anda tidak bepergian jauh dan memiliki akses yang cepat dan mudah untuk ke rumah sakit atau dokter terdekat."

Untuk itu, pertimbangkanlah untuk tidak bepergian ke tempat-tempat yang jauh ketika sudah mendekati waktu kelahiran.

3. Mengabaikan kebersihan mulut

Menurut Aharon Hagai, D.M.D., kehamilan adalah periode waktu yang penting dalam kehidupan seorang wanita dan menjaga kesehatan mulut secara langsung berkaitan dengan kesehatan yang baik secara keseluruhan.

4. Melewatkan vaksin

Menurut Chris Allphin, M.D, seorang ahli kandungan di Idaho Falls bahwa pada trimester ketiga Anda akan mendapatkan vaksin pertussis. Vaksin tersebut melindungi anak Anda terhadap batuk rejan, dan merupakan vaksin penting. Untuk itu, jangan melewatkan beberapa vaksin yang akan memiliki manfaat penting bagi bayi Anda kedepannya.

5. Olahraga terlalu keras

Menurut Melissa Walsh, MD, dokter yang bertugas di Departemen Obstetri, Ginekologi, & Kesehatan Wanita di Montefiore Health System, New York, Anda harus tetap aktif selama kehamilan namun jangan sampai berlebihan karena perubahan normal yang dialami tubuh membuat Anda lebih rentan pusing.

Untuk itu, jangan melakukan olahraga yang terlalu berat dan sebaiknya berolahraga di bawah bimbingan profesional.




(DEV)