Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Bisa Menikmati Olahraga?

Sri Yanti Nainggolan    •    Sabtu, 02 Jun 2018 16:12 WIB
olahragatips berolahraga
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Bisa Menikmati Olahraga?
Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Bisa Menikmati Olahraga? (Foto: istock)

Jakarta: Tak semua orang memiliki motivasi untuk berolahraga. Faktanya, dibutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk dapat meningkatkan endofin dalam tubuh, sehingga jadi bersemangat.

Sebuah survei dari YouGov menemukan waktu rata-rata orang Inggris yang rutin olahraga tiga kali seminggu untuk menjadi bersemangat berolahraga adalah sembilan menit 44 detik.

"Ini adalah sesuatu yang berhubungan dengan gaya hidup sibuk saat ini. Lebih mudah memikirkan alasan tak olahraga, tetapi ada momen berjarak yang mengubah pola pikir dan membuat Anda berolahraga," ujar Michael Caulfield, seorang psikolog olahraga terkemuka.

Caulfield menggunakan istilah 'youphoria' untuk menggambarkan pergeseran mental yang meningkat secara alamiah tersebut.

Survei tersebut juga menyebutkan bahwa wanita mencapai peningkatan tersebut satu menit lebih cepat daripada pria, yaitu sembilan menit tujuh detik dan pria selama 10 menit 20 detik.

Terkait usia, kelompok umur 35-44 tahun memiliki durasi pencapaian paling lama, yaitu sekitar 12 menit 47 detik. Sementara kelompok usia 45-54 tahun mencapai youphoria sekitar tujuh menit empat detik.

Pada rentang usia yang lebih muda, yaitu 18-24 tahun, endorfin naik dalam waktu tak mencapai tujuh menit.

Jenis olahraga juga berpengaruh untuk meningkatkan semangat olahraga. Olahraga di gym dapat menikmati olahraga dalam waktu tercepat, enam menit 36 detik. Sementara pelari selama delapan menit 28 detik, berjalan atau mendaki selama 10 menit 35 detik, dan kelas olahraga selama sembilan menit 17 detik.

"Olahraga yang berbeda memberikan tantangan dan hambatan psikologis yang berbeda. Orang-orang juga menghadapi gaya hidup yang berbeda dan tantangan lingkungan dan mungkin memiliki bentuk motivasi yang berbeda," tukas Cauldfield.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa motivasi diri tersebut cenderung mencapai puncak antara 18-24 tahun. Artinya, kaum milenium lebih cenderung mendorong diri mereka untuk berolahraga dibandingkan dengan kelompok usia lain.


 


(ELG)