Cegah Cacat Lahir, Bumil Diimbau Jaga Berat Badan Ideal

Raka Lestari    •    Selasa, 17 Apr 2018 16:48 WIB
kehamilan
Cegah Cacat Lahir, Bumil Diimbau Jaga Berat Badan Ideal
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Obesitas tak hanya berpengaruh pada kesehatan diri sendiri, tetapi juga pada janin jika Anda tengah mengandung.

Penelitian terbaru menemukan bahwa anak yang dilahirkan dari ibu obesitas lebih berpotensi mengidap cacat kelainan jantung bawaan, anomali sistem pencernaan, hingga malformasi organ genital atau anggota badan.

Penelitian mengumpulkan data dari lebih dari 1,2 juta kelahiran hidup di Swedia antara tahun 2001 sampai 2014, menunjukkan adanya bukti yang menghubungkan obesitas pada kehamilan dan kelahiran cacat. 

Martin Neovius, seorang ahli epidemiologi di Karolinska Institute sekaligus penulis senior studi tersebut mengatakan bahwa dalam hal risiko, lebih baik memiliki berat badan normal daripada kelebihan berat badan atau obesitas." 

Penelitian yang ditulis dalam British Medical Journal, para peneliti menyarankan para wanita yang sedang merencanakan kehamilan untuk menjaga berat badannya sebelum terjadinya pembuahan. 

"Upaya terus dilakukan untuk menganjurkan para wanita dalam usia reproduksi untuk melakukan gaya hidup sehat dan menjaga berat badan normal sebelum terjanya kehamilan." 

Tingkat hormon yang berubah, tingkat peradangan yang lebih tinggi, dan pengiriman nutrisi yang kurang efisien melalui plasenta, semua dapat berperan terhadap risiko kesehatan bayi pada ibu yang mengalami obesitas. 

Kontrol gula darah yang buruk disebut juga sebagai faktor risiko potensial lainnya. Selain itu, faktor kekurangan asam folat juga berpengaruh terhadap cacat lahir tertentu. 

Neovius mengatakan bahwa risiko cacat lahir menjadicsatu dari banyak faktor risiko tambahan yang dialami wanita hamil obesitas.

"Obesitas yang parah juga menimbulkan risiko berlebih terhadap dampak negatif lainnya seperti preeklamsia, diabetes, dan bayi lahir prematur," katanya. 

Menurunkan berat badan secelum merencanakan kehamilan bisa mengurangi bayi lahir cacat secara signifikan. 


Lihat video:




(DEV)