Menumbuhkan Kembali Energi Positif dalam Diri

Pelangi Karismakristi    •    Selasa, 31 Jul 2018 14:12 WIB
psikologi
Menumbuhkan Kembali Energi Positif dalam Diri
Mencintai diri sendiri adalah langkah dasar menumbuhkan rasa positif. (Foto: Franciele Cunha/Unsplash.com)

Jakarta: Menjalani kesibukan sehari-hari membuat Anda merasa jenuh dan sulit menemukan waktu untuk diri sendiri. Tak heran jika kondisi ini memicu lunturnya energi positif di dalam diri pada sebagian orang.

Apakah Anda juga merasa demikian? Di bawah ini ada beberapa cara yang akan membantu Anda menumbuhkan kembali energi positif sehingga akan membuat lebih bahagia.

1. Berbagi kebahagiaan dengan orang lain
Anda bisa melakukan langkah kecil untuk menebar energi positif dengan berbagi. Misalnya saja membantu anak-anak yang kurang beruntung atau sekedar menolong orang tua menyeberang jalan. Apa yang Anda lakukan ini akan membuat mereka tersenyum, Anda pun tak bisa menolak senyumannya.

(Baca juga: Mulai Bosan dengan Rutinitas? Coba Lakukan Ini untuk Mengembalikan Semangat)

2. Menerima baik buruknya diri sendiri
Mencintai diri sendiri adalah langkah dasar menumbuhkan rasa positif. Terimalah apa yang ada dalam diri Anda, baik secara fisik maupun bagaimana kepribadian Anda. 


(Anda bisa melakukan langkah kecil untuk menebar energi positif dengan berbagi. Foto: Gian Cescon/Unsplash.com)

3. Belajar memaafkan dan melupakan 
Mendendam terhadap orang lain akan membawa rasa sakit hati dan beban pikiran. Sebaiknya jangan simpan kenangan buruk di benak Anda. Katakan pada diri sendiri bahwa ada banyak hal yang bisa membuat Anda bahagia. Petik pelajaran dari kesalahan orang yang membuat Anda sakit hati dan lupakan kesalahannya.

4. Belajar sesuatu yang baru
Seseorang tidak dapat berpikiran positif salah satunya adalah karena ia tak bisa melihat sisi lain dari suatu kejadian, sehingga otak terbiasa untuk menemukan hal negatif. Maka dari itu, dengan memelajari sesuatu yang baru, akan timbul lagi rasa positif dalam diri.

5. Menjalin relasi yang kuat
Satu teman sejati lebih baik dari sejuta teman palsu. Perlihatkanlah Anda  peduli pada teman, kekasih, saudara atau orang tua. Jalin hubungan yang kuat, tunjukkan pula bahwa Anda percaya dengan mereka dan biarkan mereka juga percaya dengan Anda. 




(TIN)