Berbagai Keluhan pada Endometriosis

Yatin Suleha    •    Selasa, 29 May 2018 10:00 WIB
kesehatanendometriosis
Berbagai Keluhan pada Endometriosis
Menurut dr. Frizar Irmansyah, Sp.OG (K) dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta berikut adalah beberapa keluhan yang bisa terjadi pada mereka yang mengalami endometriosis. (Foto: Verne Ho/Unsplash.com)

Jakarta: Penyebab dari endometriosis hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Walaupun sudah banyak penelitian tentang penyebab Endometriosis namun hingga sejauh ini belum ada penjelasan yang memuaskan dalam kasus ini. 

Tetapi, ada salah satu teori yang terkenal yaitu teori Sampson yang mengatakan endometriosis terjadi karena arus darah yang berbalik ke dalam perut. Penyebab endometriosis juga ada kaitannya dengan faktor turunan atau genetik. 

Menurut dr. Frizar Irmansyah, Sp.OG (K) dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta berikut adalah beberapa keluhan yang bisa terjadi pada mereka yang mengalami endometriosis.


(Saran dr. Frizar  Irmansyah, Sp.OG (K) dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, Jakarta dalam menangani endometriosis yaitu pengobatan harus dilakukan dengan cara menyeluruh. Foto: Eric Ward/Unsplash.com)

(Baca juga: Kenali Adenomiosis, Penyakit yang Mirip Endometriosis)

1. Nyeri pada saat haid dan nyeri di luar haid

2. Nyeri saat berhubungan intim 

3. Mual atau perasaan tidak enak di perut

4. Haid yang banyak

5. Sakit kepala

6. Pada kondisi akut terkadang bisa terjadi perlekatan usus (usus terpelintir)

7. Keluhan tergantung letak serta grade (berat ringannya) dari Endometriosis

Saran dr. Frizar dalam menangani endometriosis yaitu pengobatan harus dilakukan dengan cara menyeluruh. "Yaitu dengan cara diberikan obat, dibakar (kauter) melalui laparoskopi untuk merusak jaringan endometriosis. Jika endometriosis telah diobati maka kesuburan akan meningkat dan kemungkinan mempunyai keturunan menjadi besar."





(TIN)