Tips Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Sri Yanti Nainggolan    •    Minggu, 27 May 2018 10:34 WIB
diet
Tips Menaikkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Aktor Iqbaal Ramadhan dituntut menaikkan berat badan sebanyak 10 kilogram untuk bisa memerankan Minke dalam film Bumi Manusia garapan Hanung Bramantyo.

Dari segi kesehatan, menaikan berat badan dalam waktu singkat memang bukan hal mustahil. Namun, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar proses menaikan berat badan agar tubuh tetap sehat, dilansir dari Healthline.

1. Perbanyak kalori

Menaikan berat badan berarti kalori yang masuk harus lebih banyak daripada kalori yang keluar.

Usahakan mngonsumsi 300-500 kalori per hari di atas kebutuhan standar, atau 700-1000 kalori jika Anda ingin menambah berat badan dengan cepat.

2. Makan banyak protein

Protein juga penting untuk penambahan berat badan, terutama pada otot. Jika Anda mencoba menambah berat badan, targetkan 1,5 - 2,2 gram protein per kilogram.

Makanan berprotein tinggi meliputi daging, ikan, telur, produk susu, kacang polong, kacang-kacangan dan lain-lain. Suplemen protein seperti protein whey juga dapat dijadikan pilihan.

3. Makan minimal tiga kali sehari

Konsumsi banyak makanan tinggi karbohidrat dan tinggi lemak semakin sering, bahkan lebih dari tiga kali sehari, adalah pilihan yang tepat untuk menaikkan berat badan. Tambahan cemilan berenergi juga bisa membantu menambah bobot secara sehat.

4. Makan dengan tambahan saus, rempah, dan bumbu

Rasa makanan turut berpengaruh dalam menambah selera makan. Selain mengonsumsi makanan padat berenergi, mencampurkan sensasi rasa lain dalam makanan juga bisa membuat asupan semakin banyak.

Pilihlah makanan padat berenergi seperti buah-buahan kering, kacang-kacangan, produk susu tinggi lemak, dan daging.




(DEV)