Kopi Brokoli Bisa Jadi Tren Kesehatan Masa Depan?

Nia Deviyana    •    Minggu, 10 Jun 2018 15:03 WIB
diet
Kopi Brokoli Bisa Jadi Tren Kesehatan Masa Depan?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Banyak orang bersemangat menjalani gaya hidup sehat seiring bertambahnya variasi olahan makanan. Brokoli contohnya, sayuran berwarna hijau ini tidak terlalu disukai karena warnanya yang tidak begitu menarik, tetapi setelah diolah menjadi smoothie dan cream sup, makanan ini jadi digemari.

Baru-baru ini, muncul lagi satu olahan dari brokoli, tetapi dalam bentuk kopi.

Konsep kopi brokoli ini dikembangkan di Australia oleh Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation dan Hort Innovation.

"Dengan meningkatnya tren makan sehat, petani Australia mencari cara untuk membuat keragaman produk dan mengurangi limbah sembari memenuhi kebutuhan konsumen," ujar kepala eksekutif Hort Innovation John Lloyd, dilansir dari Health.

Penelitian menemukan, masih banyak orang yang belum bisa memenuhi asupan sayuran harian, dan bubuk brokoli diharapkan mampu mengatasi masalah ini.

Untuk membuatnya, brokoli dikeringkan terlebih dahulu sebelum digiling menjadi bubuk halus dan dimasukan ke dalam kopi Anda. Dua sendok bubuk brokoli diklaim setara dengan satu porsi sayur.

Kreator minuman ini mengatakan kepada situs Science Alert bahwa produknya telah menerima tinjauan beragam dari kedai kopi Melbourne yang telah menyajikannya.

Editor Nutrisi situs kesehatan Health, Cynthia Sass, MPH, RD memprediksi makanan ini bisa menjadi tren kesehatan yang baru.

"Brokoli termasuk sayuran cruciferous, salah satu yang paling protektif terhadap penyakit jantung dan kanker. Mencoba menambahkannya ke kopi cukup masuk akal, mengingat setiap hari orang minum kopi," kata dia.

Jika secangkir kopi brokoli cukup aneh bagi Anda, Sass menyarankan untuk mencampurkannya ke minuman atau makanan lain yang menurut Anda lebih wajar jika dikombinasikan dengan brokoli.




(DEV)