Cegah Cacar Air, Lansia Disarankan Lakukan Vaksinasi Ulang

Raka Lestari    •    Kamis, 11 Jan 2018 15:08 WIB
studi kesehatan
Cegah Cacar Air, Lansia Disarankan Lakukan Vaksinasi Ulang
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Seiring bertambah usia, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi virus semakin melemah. Oleh sebab itu, dibutuhkan vaksin ulang agar tubuh dapat meningkatkan sistem kekebalannya melawan penyakit.

Menurut Centers for Disease Control (CDC), orang yang berusia 50 tahun atau lebih sebaiknya menambahkan vaksinasi herpes zoster Shingrix ke daftar kesehatan mereka. Berdasarkan data, ekitar 1 dari 3 orang di Amerika Serikat cenderung mengalami infeksi pada usia tersebut, dikutip dari Reader's Digest.

Dipaparkan Mayo Clinic, gejala herpes zoster meliputi rasa sakit, terbakar, mati rasa atau kesemutan, kepekaan terhadap sentuhan, ruam merah yang dimulai beberapa hari setelah rasa sakit, kulit melepuh berisi cairan, dan gatal.

Infeksi herpes zoster disebabkan oleh adanya virus varicella-zoster atau dikenal dengan cacar air. Penelitian menunjukkan bahwa lebih dari 99 persen orang berusia di atas 40 tahun di A.S pernah mengidap cacar air dalam kehidupan mereka sehingga dokter menyarankan meskipun Anda tidak ingat pernah menderita cacar air saat kecil, Anda masih harus menjalani vaksinasi Shingrix.

Dan jenis vaksin ini dianggap sebagai obat yang manjur, dengan tingkat keberhasilan sebanyak 97,6 persen pada orang berusia 60 tahun atau lebih.

 


(DEV)