5 Cara Mencegah Kulit Kusam setelah Berolahraga

Torie Natalova    •    Selasa, 27 Mar 2018 18:55 WIB
tips & trik
5 Cara Mencegah Kulit Kusam setelah Berolahraga
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Olahraga memang bisa membuat kulit menjadi bercahaya, tetapi juga sebaliknya, membuatnya terlihat kusam. Kotoran dari keringat yang menempel dalam waktu lama dapat menyebabkan kulit berminyak, jerawat, dan kendur jika tak terhidrasi secara optimal.

Panas dan kelembapan juga bisa menyebabkan saluran keringat menjadi tersumbat dan membengkak, dan ini dapat menyebabkan ruam panas pada kulit.

Agar kulit tetap segar usai berolahraga, perhatikan lima hal ini seperti dilansir dari Red Online.

1. Tidak menggunakan riasan wajah

Hapus riasan sebelum berolahraga karena kosmetik yang bercampur minyak dan keringat dapat menyumbat pori-pori. Kondisi ini dapat memicu jerawat, komedo dan iritasi kulit.

2. Hindari me-lap wajah dan tubuh dengan handuk

Handuk keringat dapat menyimpan banyak bakteri terutama jika bersentuhan dengan peralatan olahraga. Biarkan keringat menguap dengan sendirinya dan kemudian mandi saat tiba di rumah. Anda juga bisa memakai handuk dari bahan mikrofiber karena ini tahan kotoran dan dapat menyerap air dengan cepat.

3. Minum air

Bukan rahasia bahwa air sangat bagus untuk kulit. Jangan sampai dehidrasi selama berolahraga agar kulit tetap sehat.

4. Cuci bersih

Mandi segera setelah berolahraga akan menghilangkan kelebihan minyak, bakteri, dan kotoran lainnya. Air dingin sangat bermanfaat setelah berolahraga karena membantu mencegah pembengkakan. Ini juga membantu menurunkan detak jantung dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu pulih lebih cepat.

5. Menyeka

Setiap kali menyentuh alat olahraga, kita bersentuhan dengan bakteri yang dapat memicu penyakit dan infeksi kulit yang buruk. Sebisa mungkin bersihkan peralatan olahraga dengan tisu anti bakteri dan jangan sentuh wajah setelah memegang peralatan olahraga.

Jika semuanya gagal, rawat diri dengan melakukan perawatan kulit wajah. Cobalah perawatan hydrafacial yang dapat mendetoksifikasi kulit dan membersihkannya secara mendalam.



Lihat video:




(DEV)