Penyebab Warna Putih pada Cokelat

Raka Lestari    •    Senin, 26 Mar 2018 11:39 WIB
kulinercokelat
Penyebab Warna Putih pada Cokelat
Para peneliti menemukan penyebab warna putih di cokelat karena disimpan tidak dalam suhu yang tepat. (Foto: Charisse Kenion/Unsplash,com)

Jakarta: Pernahkah Anda menyimpan cokelat dalam waktu cukup lama lalu ketika ingin mengonsumsinya Anda mendapat terdapat warna keputihan pada beberapa bagian cokelat?

Ternyata, jika cokelat yang Anda simpan sudah berubah menjadi berwarna keputihan itu berarti tanda bahwa cokelat tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi. 

Faktanya, fenomena tersebut disebut juga dengan "fat bloom" dan itu semua tergantung dari bagaimana kita menyimpan cokelat favorit kita.

Menurut acara televisi Food Unwrapped, salah menyimpan cokelat dalam suhu yang terlalu dingin atau terlalu hangat menyebabkan partikel lemak di cokelat naik ke permukaan yang dapat menyebabkan lapisan-lapisan berwarna putih pada cokelat. 

(Baca juga: Cokelat, Makanan Para Dewa dengan Segudang Manfaat)


(Jimmy Doherty, salah satu pembawa acara dalam Food Unwrapped mengungkapkan bahwa para peneliti menemukan penyebab warna putih tersebut karena cokelat yang disimpan tidak dalam suhu yang tepat. Foto: Charisse Kenion/Unsplash.com)

Hal ini menjadi masalah yang cukup sering dikeluhkan oleh pelanggan dan menyebabkan perusahaan merugi setiap tahunnya, menurut Independent.co.uk.

Jimmy Doherty, salah satu pembawa acara dalam Food Unwrapped mengungkapkan bahwa para peneliti menemukan penyebab warna putih tersebut karena cokelat yang disimpan tidak dalam suhu yang tepat. 

Salah seorang ahli, Dr Stephen Roth mengatakan, "Lemak yang meleleh akan menjadi seperti kristal dan lemak tersebut akan mulai bergerak melalui retakan-retakan yang terdapat pada cokelat. Itulah mengapa lemak-lemak bisa muncul dan terlihat di permukaan." 

Untuk mencegahnya, salah satu produsen cokelat terkenal dari Swiss, yaitu Lindt factory menyarankan agar menyimpan cokelat agar tetap berada antara suhu 14-18 derajat celcius. Cara lain untuk menghindari lemak yang muncul adalah dengan mengonsumsinya segera setelah membeli cokelat tersebut. 








(TIN)