Amankah Mengonsumsi Makanan yang Membeku Lama di Kulkas?

Raka Lestari    •    Rabu, 03 Jan 2018 16:54 WIB
tips & trik
Amankah Mengonsumsi Makanan yang Membeku Lama di Kulkas?
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Lemari pendingin atau kulkas memang bisa menjadi penyelamat untuk mengawetkan bahan makanan. Namun, bagaimana batas aman makanan yang disimpan di dalam kulkas?

Tak jarang kita lupa dengan makanan yang disimpan di kulkas, hingga tertutup bunga es. Kristal-kristal es yang terdapat dalam makanan sebenarnya menandakan dua hal; Anda tidak menyimpan makanan dengan baik dalam lemari pendingin, atau Anda menyimpan makanan Anda terlalu lama.

Tidak perlu khawatir dan langsung membuang makanan Anda ke tempat sampah. Dilansir dari Reader's Digest makanan yang sudah disimpan terlalu lama dalam lemari pendingin dan sudah terdapat kristal-kristal es di atasnya masih aman untuk dikonsumsi.

Anda mungkin tidak menyukai tekstur kering yang terdapat pada pizza yang disimpan dalam lemari pendingin, namun sebenarnya tidak berdampak pada kesehatan.

Untuk mencegah munculnya kristal es, pastikan menyimpan makanan dengan benar. Tutup dengan plastic wrap atau dalam wadah rapat. Sebab, setiap udara yang masuk ke dalam makanan akan mempercepat terjadinya kristal-kristal es pada makanan.




(DEV)