Cara Sederhana agar Si Kecil Mudah Terlelap

Sri Yanti Nainggolan    •    Jumat, 10 Nov 2017 10:46 WIB
Cara Sederhana agar Si Kecil Mudah Terlelap
Biasakan anak Anda tidur pada waktu yang sama. Dengan demikian, anak akan lebih mudah terlelap bila sudah waktunya dan memiliki kualitas tidur yang baik. (Foto: Picsea/Unsplash.com)

Metrotvnewscom, Jakarta: Seiring bertambahnya usia, durasi tidur anak akan semakin berkurang. Bahkan, mereka mulai enggan menuju kasur ketika sudah waktunya tidur malam.

Bagi Anda yang kewalahan dengan hal tersebut, cobalah beberapa tips berikut agar anak terlelap sesuai dengan jam tidur.

1. Tidak menggunakan gawai sebelum tidur
Menurut psikolog anak Alissa Sheldon, gawai membuat anak semakin sulit untuk tertidur.

"Meskipun mereka hanya mengecek media sosial, dengan masih memegang gawai, aktivitas stimulasi tetap terjadi dimana hal tersebut memberi sinyal pada otak untuk tetap bekerja, bukan istirahat."

Oleh karena itu, jauhkan gawai dari si kecil, sekitar 30 menit hingga setengah jam sebelum tertidur. Terkadang, cara yang keras, seperti mengambil gawai dari anak cukup mempan. 

(Baca juga: Ketahui Pola Tidur Bayi dari Umur 0-24 Bulan)

2. Tidak konsumsi gula atau kafein sebelum tidur
Tak hanya sebelum tidur, terlalu banyak gula atau kafein memberi efek buruk pada anak. Bahkan, sebaiknya Anda memberikan jenis makanan tersebut di sore hari (saat makan malam) agar anak bisa tidur malam tepat waktu.



3. Olahraga sesuai jadwal
Rutinitas yang monoton seperti belajar, makan, dan tidur membuat anak bosan. Biarkanlah mereka bermain-main, yang juga bisa dikategorikan sebagai olahraga bila melibatkan aktivitas fisik, seperti berlari-lari atau bermain trampolin.

Namun pastikan mereka mrlakukannya tidak menjelang tidur karena hal itu hanya akan membuat anak semakin berenergi. Selain itu, waktu berisitirahat setelah melakukan aktivitas fisik berat juga tak boleh dilupakan agar tubuh bisa bersantai sejenak.

4. Bersantai sebelum tidur
Hindari aktivitas santai yang melibatkan layar seperti menonton TV atau bermain gawai. Cobalah membaca buku, melukis, atau mendengarkan musik sebelum tidur.

Anda juga bisa mendongeng pada si kecil sebelum mereka terlelap. Selain itu, mengajak si kecil meditasi beberapa saat juga merupakan ide yang bagus.

5. Memiliki jam tidur
Biasakan anak Anda tidur pada waktu yang sama. Dengan demikian, anak akan lebih mudah terlelap bila sudah waktunya dan memiliki kualitas tidur yang baik.

Memberi pengecualian di akhir pekan tak masalah, namun jangan sampai mereka masih aktif hingga menjelang subuh karena hal itu akan membuat tubuh menjadi tak nyaman. 









(TIN)