Ketahui Penyebab Mimpi Buruk

Anggi Tondi Martaon    •    Senin, 04 Dec 2017 13:37 WIB
tidur
Ketahui Penyebab Mimpi Buruk
Menurut Cartwright, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan mimpi buruk, diantaranya mengubah pengalaman negatif yang dialami saat siang hari menjadi hal positif. (Foto: Jordan Bauer/Unsplash.com)

Jakarta: Mimpi buruk merupakan salah satu hal yang sangat ingin kita hindari. Fenomena yang dialami saat tidur ternyata disebabkan oleh beberapa hal.

Dikutip dari Rd.com, mimpi buruk pada orang dewasa biasanya dipicu oleh obat-obatan, gen, penyakit neurologis degeneratif seperti Alzheimer, traumatis yang dialami, pengalaman buruk yang tidak terlupakan, ancaman terhadap kesehatan, dan keselamatan. 

Selain beberapa faktor di atas, ketidakterbukaan kita saat merespons masalah yang terjadi pada saat siang hari juga bisa menjadi penyebab mimpi buruk. 

"Mimpi buruk adalah seruan untuk resolusi karena menemukan cara untuk menggabungkan pengalaman mengerikan ke dalam kehidupan kita. Sesekali mimpi buruk itu normal, tapi tidak setiap malam, dan tidak berulang-ulang," kata Rosalind Cartwright, direktur layanan gangguan tidur di Rush-Presbyterian-St. Luke’s Medical Center di Chicago, Amerika Serikat.


(Menurut Cartwright, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan mimpi buruk, diantaranya mengubah pengalaman negatif yang dialami saat siang hari menjadi hal positif. Foto: Pixabay)

(Baca juga: 5 Fakta Mengenai Mimpi)

Bagaimana cara menghalau mimpi buruk?

Menurut Cartwright, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghilangkan mimpi buruk, diantaranya mengubah pengalaman negatif yang dialami saat siang hari menjadi hal positif. Hal itu bisa Anda lakukan dengan menuangkan segala pengalaman Anda ke dalam buku harian.

Simpanlah jurnal tersebut di samping tempat tidur dan tuliskan semua impian Anda setiap pagi. Dalam kurun waktu tertentu, tinjau secara berkala hal-hal yang mengganggu dan cobalah untuk mencari tahu serta pecahkan solusinya.








(TIN)