Ini Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu

Torie Natalova    •    Sabtu, 07 Oct 2017 11:26 WIB
makanan sehat
Ini Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu
Ini Manfaat Rutin Mengonsumsi Labu (Foto: gettyimages)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Indonesia, tak banyak olahan makanan yang menggunakan labu sebagai bahan utama. Padahal, labu khususnya yang berwarna oranye memiliki khasiat kesehatan yang luar biasa.

Warna oranye terang dari daging labu adalah petunjuk untuk kekayaan karotenoid yang dimilikinya. Misalnya beta karoten yang membantu menetralisir radikal bebas pemicu kanker. Lutein dan zeaxanthin ditemukan juga dalam daging labu.

Kedua zat tersebut dapat meningkatkan kesehatan mata dan menjaga degenerasi makula. Labu juga merupakan sumber vitamin A dan C yang baik serta asam alfa-hidroksi yang mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Sementara itu, kalium dalam labu menjadikannya pilihan yang baik bagi penderita hipertensi. Kandungan seratnya yang tinggi juga membantu mengurangi nafsu makan, mengurangi penyerapan lemak dan melindungi aterosklerosis. Labu juga membantu mendukung regenerasi sel beta penghasil insulin yang rusak.

Sehingga, labu dapat membantu mengurangi kebutuhan suntikan insulin sehari-hari yang digunakan penderita diabetes kronis.

Mengonsumsi satu cangkir labu yang dimasak, menyediakan lebih dari 100 persen kebutuhan vitamin A harian kita dan sekitar 20 persen kebutuhan vitamin C harian.

Tak hanya dagingnya, biji labu juga memiliki manfaat besar terhadap kesehatan. Biji labu sangat bermanfaat untuk mereka yang memiliki masalah di daerah prostat yang umum terjadi pada pria usia 50 tahun ke atas. Biji labu juga kaya karotenoid, lemak omega-3 dan seng, senyawa yang dibutuhkan oleh prostat pria. Seng juga membantu mencegah osteoporosis pada pinggul dan tulang belakang.

Biji labu juga tinggi pitosterol, senyawa yang ditemukan pada tanaman yang telah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, meningkatkan respons sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker tertentu.

Dibandingkan dengan obat anti peradangan untuk radang sendi, biji labu sama efektifnya dalam mengurangi gejala peradangan.

Minyak biji labu juga kaya dengan lemak esensial yang menjaga kesehatan pembuluh darah dan saraf serta memberikan pelumasan yang tepat untuk jaringan, termasuk kulit.

Betakaroten dalam labu membantu melindungi kulit dari sinar UV penyebab keriput dan enzim dalam labu bekerja dengan ajaib untuk mengurangi permukaan kulit mati dan membuat permukaan kulit menjadi lebih halus.


 


(ELG)