Tubuh Kurus Tetapi Perut Buncit? Ini Penyebabnya

Nia Deviyana    •    Minggu, 08 Oct 2017 15:55 WIB
tips kesehatan
Tubuh Kurus Tetapi Perut Buncit? Ini Penyebabnya
(Foto: Livestrong)

Metrotvnews.com, Jakarta: Orang bertubuh kurus tak selalu memiliki perut langsing. Survei menunjukkan, banyak wanita kurus mengeluh memiliki perut buncit.

Bukan tanpa sebab perut seorang yang kurus terlihat buncit. Berikut ini penyebabnya sebagaimana disitat Healthy Living.

1. Lemak

Ada dua jenis lemak yang bisa membuat perut buncit. Pertama, lemak yang disimpan di bawah kulit. Lemak ini disebut subkutan dan cenderung mudah dibakar menjadi kalori dengan olahraga. Yang Kedua, lemak visceral. Lemak ini disimpan oleh tubuh di rongga perut mengelilingi organ-organ perut dan sulit dibakar menjadi kalori.

Lemak visceral dianggap lebih berbahaya karena berhubungan erat dengan berbagai risiko penyakit seperti resistensi insulin, diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi.

2. Sedikit otot

Massa otot dan lemak yang tak seimbang menjadi salah satu penyebab buncitnya perut. "Perut gendut terbentuk ketika massa lemak lebih banyak dibanding otot," jelas Mark Hyman, MD, penulis Journal of American Medical Association. Untuk membentuk massa otot lebih banyak, disarankan rutin berolahraga dan makan banyak protein.

3. Kurang gerak

Minimnya latihan fisik dapat menyebabkan kelebihan lemak pada siapapun, termasuk mereka yang kurus. Sheola Dugan, ahli dari Rush University Medical Center. Bagian perut dan paha menjadi yang paling potensial untuk penumpukkan lemak.

4. Insulin

Insulin berperan dalam memengaruhi kadar gula darah tubuh dan menyimpan lemak. Kelebihan hormon insulin menyebabkan perubahan hormonal dan metabolisme yang menyebabkan hilangnya massa otot dan lambatnya pembakaran kalori. Perubahan ini yang membuat perut menjadi buncit.



 


(DEV)