Ini Waktu yang Tepat untuk Membuang Make Up Anda

Anindya Legia Putri    •    Rabu, 06 Dec 2017 13:11 WIB
kecantikan
Ini Waktu yang Tepat untuk Membuang Make Up Anda
Foundation adalah item make up yang harus diganti tepat waktu untuk mencegah infeksi kulit. Foundation hanya bisa bertahan hingga pemakaian 12 bulan. (Foto: Pixabay.com)

Jakarta: Produk kosmetik seperti concealer, foundation, lipstik, blusher adalah barang penting yang digunakan oleh mayoritas wanita untuk mendapatkan make up yang sempurna. Namun, sangat penting untuk berhati-hati dengan produk make up yang Anda gunakan. Pakar perawatan kulit mendesak wanita untuk selalu menjaga beberapa hal mendasar saat menggunakan make up.

Pertama, seseorang harus selalu menggunakan produk yang sesuai dengan jenis kulit mereka. Kedua, penting untuk membuang barang make up setelah beberapa saat, karena menggunakan produk yang kadaluarsa bisa menyebabkan hal yang berbahaya pada kulit.

Infeksi kulit dan alergi kosmetik biasanya terjadi saat seseorang menggunakan item make up setelah kadaluarsa. Jadi, jika Anda merupakan seseorang yang menggunakan make up secara teratur, maka penting untuk mengetahui waktu yang tepat untuk membuangnya.

1. Lipstik
Lipstik adalah salah satu item make up yang paling banyak digunakan wanita setiap hari. Namun, hanya ada sedikit dari mereka yang menyadari fakta bahwa lipstik seharusnya tidak digunakan selama lebih dari satu tahun. Menggunakan lipstik kadaluarsa dapat memerburuk kondisi kulit bibir Anda.

2. Concealer
Concealer penting untuk menyamarkan spot di kulit wajah. Produk kosmetik ini bisa bertahan selama satu tahun atau lebih. Namun cara terbaik untuk menghindari alergi kosmetik apa pun yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit Anda, adalah dengan menggunakannya dalam jangka satu tahun.

3. Blusher
Blusher digunakan untuk memberi warna cerah ke pipi. Ini adalah produk make up populer lainnya yang banyak digunakan wanita dalam rutinitas kecantikan mereka. Perona merah bisa bertahan selama setahun. Jadi, tidak perlu membuangnya sebelum itu, kecuali jika menyebabkan alergi pada kulit Anda.

4. Lip gloss
Lip Gloss dapat memberi kesan mengilap ke bibir. Ini adalah item make up populer lainnya yang digunakan oleh wanita dari semua kelompok usia. Dan waktu yang tepat untuk mengganti lip gloss adalah satu setengah tahun setelah Anda mulai menggunakannya.


(Foundation adalah item make up yang harus diganti tepat waktu untuk mencegah infeksi kulit. Foundation hanya bisa bertahan hingga pemakaian 12 bulan. Foto: Pixabay.com)

(Baca juga: 5 Alasan Wajib Menggunakan Make Up)

5. Eyeliner
Jika Anda menggunakan eyeliner gel, maka waktu yang ideal untuk membuangnya adalah 3-4 bulan sejak pemakaian pertama. Di sisi lain, jika Anda menggunakan eyeliner pensil, maka Anda tidak perlu khawatir menggantinya selama dua tahun. Ikuti tip ini untuk menghindari infeksi mata atau kulit.

6. Bedak wajah
Bedak bisa bertahan hingga dua tahun. Pastikan untuk membuang barang kecantikan ini setelah dua tahun, karena menggunakan bedak kadaluarsa bisa menyebabkan infeksi kulit yang parah.

7. Eye shadow
Pewarna mata hadir dalam bentuk krim dan bubuk. Pewarna mata krim dapat digunakan selama sekitar satu tahun, sedangkan bubuknya bisa dimanfaatkan selama dua tahun. Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan eye shadow kadaluarsa, karena hal itu dapat menyebabkan infeksi atau alergi.

8. Foundation
Mayoritas wanita menggunakan foundation setiap hari untuk mendapatkan make up yang tahan lama. Foundation adalah item make up yang harus diganti tepat waktu untuk mencegah infeksi kulit. Foundation hanya bisa bertahan hingga pemakaian 12 bulan.

9. Maskara
Sebagian besar kita menggunakan maskara untuk membuat bulu mata terlihat cantik. Namun, item make up ini cenderung menjadi buruk kualitasnya dalam waktu 3-4 bulan.  

10 Bronzer
Bronzer bisa bertahan hampir dua tahun. Namun, jika bereaksi negatif terhadap kulit Anda maka jangan berpikir dua kali sebelum membuangnya.










(TIN)