Selain Perawatan, 2 Faktor Ini yang Membuat Rambut Anda Tumbuh Lebih Cepat

Raka Lestari    •    Senin, 05 Feb 2018 14:43 WIB
tips & trik
Selain Perawatan, 2 Faktor Ini yang Membuat Rambut Anda Tumbuh Lebih Cepat
(Foto: Shutterstock)

Jakarta: Rambut adalah salah satu bagian paling penting bagi wanita. Rambut yang indah dan berkilau juga menjadi ciri rambut sehat.

"Anda tidak akan pernah bisa membuat sel rambut tumbuh lebih cepat daripada yang bisa mereka lakukan," kata Iain Sallis, seorang trichologist. Jika Anda tidak mewarisi gen dengan rambut subur, Anda harus sabar dengan pertumbuhan alami rambut Anda tersebut.

"Kesehatan tubuh Anda digambarkan melalui kesehatan rambut Anda," ujar Sallis.

"Aku menganjurkan para pasienku untuk menangani kesehatan rambut mereka dengan benar agar tidak rusak jika tidak ditangani dengan benar."

Jika Anda ingin memaksimalkan pertumbuhan rambut Anda, ada tiga hal yang perlu diperhatikan: makanan, perawatan kulit kepala, dan penataan rambut.

1. Makanan

"Jika Anda kekurangan mineral, vitamin, dan protein tertentu, rambut Anda akan mulai tumbuh lebih lambat. Agar rambut tumbuh optimal, Anda memerlukan banyak protein dan zat besi," ujar Sallis.

"Daging merah, ikan, dan telur sangat baik untuk rambut karena mereka semua kaya akan asam amino dan belerang yang digunakan tubuh Anda untuk membuat sel rambut baru."

2. Perawatan rambut

"Kesehatan kulit kepala sangat penting," kata Sallis. "Ada bukti yang menunjukkan adanya peradangan pada kulit kepala dapat menyebabkan kerontokan berlebih."

Kulit kepala yang bersih dan sehat bisa sangat berpengaruh terhadap kesehatan rambut Anda, jadi luangkan waktu untuk membuat kulit kepala Anda benar-benar bersih dan bebas dari iritasi. Mencuci rambut dengan benar dana teratur dapat membantu menghilangkan masalah Anda.

3. Penataan rambut

"Heat-styling adalah gaya hidup masa kini, jadi aku tidak akan pernah meminta seseorang untuk melepaskan pelurus atau pengering rambut mereka, tapi ada beberapa cara untuk menghindari kerusakan pada rambut Anda," kata Sallis. 

"Bila Anda menggunakan pengering rambut, jangan terlalu menyoroti langsung pada rambut karena panasnya akan langsung terkena rambut Anda."

Sebaiknya berikan jarak antara hair dryer dengan rambut agar rambut tidak terkena panas secara langsung.




(DEV)