Ini yang Membuat Orang Kecanduan Merokok

Raka Lestari    •    Rabu, 20 Dec 2017 14:42 WIB
rokok
Ini yang Membuat Orang Kecanduan Merokok
Rokok menjadi salah satu penyebab tingginya angka penderita penyakit kardiovaskular di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

Jakarta: Rokok menjadi salah satu penyebab tingginya angka penderita penyakit kardiovaskular di Indonesia. Yang menyebabkan orang tak bisa berhenti merokok, salah satunya karena kecanduan.

"Sebetulnya semua orang di dunia ini merokok karena kecanduan. Mereka ingin sebenarnya bisa berhenti merokok, tetapi karena sudah kecanduan itu yang membuatnya menjadi sulit. Kecanduan apa? Kecanduan nikotin yang memang terdapat di dalam batang rokok." jelas Fuad Baradja, terapis sekaligus aktivis penanggulangan masalah tembakau dalam acara talkshow #MelawanRokok di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 20 Desember 2017.

Lebih dalam, Fuad menjelaskan bagaimana rokok bisa menyebabkan penggunanya menjadi kecanduan.

"Ketika rokok dihisap, nikotin akan mengalir ke paru-paru dan masuk ke otak yang bisa memicu hormon dopamin. Hormon dopamin ini yang membuat orang merasa senang. Tetapi dopamin hanya bertahan selama 15 menit sehingga setelah efeknya selesai yang terjadi justru malah sebaliknya, merasa sedih, bad mood, jadi itu yang memicu orang untuk terus menerus merokok lagi," paparnya.

Untuk bisa berhenti merokok, membutuhkan keinginan dan motivasi yang sangat kuat. Tidak jarang ada beberapa kasus seseorang sudah berhenti merokok kemudian kembali merokok lagi karena motivasinya yang tidak cukup kuat.

"Misalnya, ada orang motivasi untuk berhenti merokok karena dia lagi hamil. Nanti setelah dia melahirkan dan sampai menyusui, sampai 2 tahun bisa saja dia kembali lagi merokok karena motivasinya hanya karena dia lagi hamil. Oleh karena itu, untuk bisa berhenti merokok harus memiliki motivasi yang sangat kuat agar tidak kembali lagi merokok," tutup Fuad.




(DEV)